get app
inews
Aa Read Next : Infrastruktur Kelistrikan di IKN Diprediksi Selesai Tepat Waktu, GM PLN UIP KLT: Kami Optimis!

PLN Beri Pendidikan Merata Untuk Masyarakat Putus Sekolah di Tanjung Palas Hilir

Jum'at, 03 November 2023 | 09:03 WIB
header img
PLN UIP KLT membentuk wilayah binaan di Kelurahan Tanjung Palas Hilir, Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan. 

BULUNGAN, iNewsBalikpapan.id – Dalam mendukung pemberdayaan masyarakat serta peningkatan kualitas pendidikan di wilayah kerja, PT PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (PLN UIP KLT) membentuk wilayah binaan di Kelurahan Tanjung Palas Hilir, Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan. 

Dibentuknya wilayah binaan ini melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) lantaran Tanjung Palas Hilir, Kecamatan Tanjung Palas, Bulungan yang bersinggungan dengan pelaksaan pekerjaan pembangunan SUTT 150kV Tanjung Selor – Tidang Pale. 

Mengusung konsep "Desa Berdaya PLN", program ini akan dijalankan dengan roadmap selama 3 tahun, yang dimulai sejak Mei 2023. Pelaksanaan Desa Berdaya PLN ini akan menyasar ke 3 sektor program yaitu Pendidikan, Lingkungan dan Ekonomi. 

General Manager PLN UIP KLT Josua Simanungkalit menjelaskan bahwa pelaksanaan program Desa Berdaya PLN ini berangkat melalui penelitian sosial yang dilakukan oleh lembaga independen. Dimana hasil penelitian tersebut ditemukan beberapa permasalahan, pertama masih adanya masyarakat putus sekolah di sekitar wilayah kerja, belum tersedianya pengelolaan sampah yang baik di tingkat Kelurahan, serta kondisi UMK yang ada belum mencapai kategori Go Modern, Go Digital, Go Online. 

Tahun 2023, menjadi tahun pertama PLN UIP KLT membina Kelurahan Tanjung Palas Hilir untuk menjawab permasalahan di sektor pendidikan, agar pendidikan di Tanjung Palas Hilir lebih merata. 

“Dan tahun pertama ini, PLN UIP KLT berfokus untuk menjawab permasalahan Pendidikan yang ada. Dimana bantuan yang diberikan berupa pendampingan kejar paket untuk 20 warga putus sekolah, penyediaan Rumah Belajar Bersama yang berkolaborasi dengan Kelurahan Tanjung Palas Hilir, hingga pelatihan untuk warga putus sekolah tersebut yang akhirnya diharapkan dapat meningatkan angka partisipasi pendidikan di Tanjung Palas Hilir, sesuai dengan tujuan Sustainability Development Goals (SDG’s) 4 tentang Pendidikan Berkualitas,” jelas Josua.

Selain menjawab permasalahan warga putus sekolah, dengan program ini exit strategy yang diharapkan selain warga yang putus sekolah bisa mendapatkan pendidikan yang layak, dengan pendidikan tersebut mendapatkan pekerjaan yang akan meningkatkan perekonomian di daerah tersebut.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut