get app
inews
Aa Read Next : Anak-Anak Gaza Makan Baterai dan Koin karena Dikira Permen, Alami Kelaparan Ekstrem

Pangeran Mohammed bin Salman Desak Konflik Gaza Dihentikan

Jum'at, 10 November 2023 | 20:13 WIB
header img
Pangeran Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) mendesak Israel menghentikan serangan militer ke Jalur Gaza.(Foto; Reuters)

JEDDAH, iNewsBalikpapan.id - Pangeran Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) mendesak Israel menghentikan serangan militer ke Jalur Gaza. Dia menuding Israel melanggar hukum internasional.

"Kami mengutuk apa yang dihadapi Jalur Gaza dari serangan militer, penargetan warga sipil, pelanggaran hukum internasional oleh otoritas pendudukan Israel," kata Pangeran MBS saat pertemuan puncak Afrika-Arab di Riyadh, Jumat (10/11/2023).

Pangeran MBS meminta agar perang dihentikan total. Warga Gaza diharapkan bisa segera kembali ke rumahnya dan tidak mengalami pengusiran paksa. "Kami menekankan perlunya menghentikan perang ini dan pengusiran paksa warga Palestina," ujarnya seperti dikutip dari Reuters.

Sementara itu, para pemimpin Qatar dan Mesir bertemu di Kairo. Kedua negara itu berharap bisa menjadi mediator untuk menghentikan eskalasi kekerasan di Jalur Gaza. Pertemuan antara Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi dan Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani membahas upaya yang diperkuat untuk mencapai gencatan senjata di Gaza dan pengiriman bantuan yang cukup.

Qatar menyatakan upaya bersama untuk menghentikan agresi terhadap Gaza mendesak untuk dibahas. Mesir memiliki kontak dengan Hamas dan Israel serta terlibat dalam negosiasi, termasuk penyediaan bantuan melalui perlintasan perbatasan Rafah dengan Gaza . Negosiasi berhasil mengevakuasi pemegang paspor asing dan beberapa warga Palestina yang membutuhkan perawatan medis mendesak dari wilayah tersebut.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut