get app
inews
Aa Read Next : 18 Karya Jurnalistik Terima Penghargaan PLN Journalist Awards 2023

PLN UIP KLT Rampungkan 6 Proyek Strategis di Kalimantan

Senin, 15 Januari 2024 | 18:31 WIB
header img
PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT) berhasil merampungkan beberapa Proyek Strategis Nasional (PSN) di Kalimantan. (Foto: ist)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT) berhasil merampungkan beberapa Proyek Strategis Nasional (PSN) dan Proyek Strategis lainnya di wilayah kerja Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan Kalimantan Selatan dengan jumlah realisasi 3 proyek gardu induk dengan total kapasitas 60 MVA dan 3 jaringan transmisi sepanjang 209.64 kilo meter sirkit (kms) di tahun 2023.

Penyelesaian proyek-proyek ini akan memperkuat keandalan pasokan listrik di wilayah tersebut dan mendukung perkuatan sistem interkoneksi Kaltim - Kalsel dan Kaltim - Kaltara. 

General Manager PLN UIP KLT, Raja Muda Siregar menjelaskan setiap keberhasilan yang dicapai di tahun 2023 banyak dihadapkan oleh tantangan di lapangan. Dimana proyek yang selesai di tahun 2023 merupakan proyek penting, seperti proyek penyediaan infrastruktur ketenagalistrikan untuk meningkatkan keandalan sistem interkoneksi, selain itu penyediaan infrastruktur ketenagalistrikan bagi Konsumen Tegangan Tinggi (KTT) seperti PT KFI dan PT Kobexindo. 

“Tersedianya infrastruktur kelistrikan yang andal dan prima ini menjadi modal utama untuk mendorong peningkatan perekonomian nasional dan pengembangan pembangunan daerah tentunya. Dan di tahun 2023, PLN UIP KLT menunjukkan komitmennya bahwa PLN dapat menyediakan infrastruktur ketenagalistrikan tepat mutu dan tepat guna,” ujar Raja.

Seluruh proyek yang berhasil diselesaikan memiliki empat tujuan utama yang selaras dengan tujuan PLN secara korporat, yaitu meningkatkan suplai listrik ke masyarakat, peningkatan keandalan sistem kelistrikan, menjadi pendorong penggerak roda perekonomian masyarakat, pembangunan dan industri, serta penurunan biaya pokok penyediaan (BPP) tenaga listrik. Dimana tujuan tersebut selaras untuk mewujudkan visi perusahaan yaitu menjadi Perusahaan Listrik Terkemuka se-Asia Tenggara dan #1 Pilihan Pelanggan untuk Solusi Energi. 

Raja menjelaskan, tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembangunan harus dihadapi PLN. Seperti lokasi infrastruktur dengan beragam kondisi, mulai dari kontur tanah yang berbeda di tiap proyek sehingga diharuskan memiliki kajian yang kuat untuk pelaksanaan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di daerah masing-masing. Selain itu tantangan terkait lingkungan sekitar pun menjadi hal yang biasa. Namun dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal ditambah penggunaan teknologi yang mumpuni, serta kerja sama yang baik dengan Stakeholder Eksternal (Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota/Kabupaten, Forkopimda, Aparat Penegak Hukum, Aparat Kecamatan, Aparat Kelurahan hingga Tokoh Masyarakat) membuat proyek tersebut berhasil selesai dengan aman. 

“Dengan pencapaian di tahun 2023 lalu, dimana PLN UIP KLT berhasil menyelesaikan pembangunan beberapa Gardu Induk (GI) dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) seperti GI 150 kV Maloy Kapasitas 30 MVA, Ext. GI 150 kV Maloy 2 Line Bay, GI 150 kV Kandangan 30 MVA, SUTT 150 kV GI Bukuan - PT KFI, SUTT 150 kV GI Sangatta - GI Maloy, SUTT 150 kV GI Maloy - GI PT Kobexindo, SUTT 150kV Kandangan – Incomer yang memiliki tantangan besar, membuat semangat energi optimisme dalam menerangi negeri kedepannya kian membara. Sehingga harapannya kerja keras yang kami hasilkan dapat mendukung roda perekonomian Indonesia khususnya Kalimantan,” pungkas Raja. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut