get app
inews
Aa Read Next : 4.266 Personel Aparat Gabungan Amankan Penetapan Prabowo-Gibran Hari Ini

Presiden Jokowi Groundbreaking Masjid Negara Senilai Rp940 Miliar di IKN, Tampung 61 Ribu Jamaah

Kamis, 18 Januari 2024 | 12:16 WIB
header img
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meresmikan pembangunan Masjid Negara di IKN Nusantara, Rabu (17/1/2024). (Foto: Kemenag)

PENAJAM PASER UTARA, iNewsBalikpapan.id - Presiden Joko Widodo bersama Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Masjid Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, Rabu (17/1/2024).

Presiden Jokowi menjelaskan pembangunan masjid dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Masjid Negara itu diharapkan mampu menampung sekitar 61.000 jamaah. 

"Nilai konstruksinya sebesar Rp940 miliar, memang sangat besar sekali masjid ini nanti. Jadi tadi pak Menteri (PUPR) menyampaikan bahwa kapasitas masjid negara ini adalah 61.000 jamaah," ujar Jokowi dalam sambutannya di IKN. 

Nilai konstruksi tersebut bukan sekadar untuk bangunan fisik masjid saja, namun juga sekaligus mencakup interior masjid, serta tata letak landscape di sekitaran masjid IKN. Misalnya membangun embung di areal masjid sebagai cadangan ketersediaan air bersih untuk operasional masjid. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut