get app
inews
Aa Read Next : Waspada! Kasus DBD di Balikpapan Meningkat

Cegah Kasus DBD, Dinkes Kota Balikpapan Gencar Gelar Vaksinasi

Kamis, 25 Januari 2024 | 15:15 WIB
header img
Untuk mengantisipasi kasus demam berdarah dengue (DBD), Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan berbagai upaya. (Foto: DOK.iNews.id )

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id - Untuk mengantisipasi kasus demam berdarah dengue (DBD), Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan berbagai upaya diantaranya dengan memberikan Abate, kelambu air, termasuk vaksin DBD.

“Vaksin DBD merupakan satu inovasi untuk pencegahan dan penanggulangan kasus DBD, yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Jadi di Balikpapan pengadaan vaksinnya dari APBD Provinsi. Kita mendapat droping dan ditetapkan berdasarkan SK Gubernur sebagai daerah pilot project penerapan vaksin DBD,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, dr Andi Sri Juliarty.

Ini memang baru yang pertama di Indonesia, vaksin yang diberikan secara gratis oleh pemerintah. Pemerintah Kota Balikpapan menerima 9.800 dosis vaksin DBD yang tahapannya itu dimulai sebenarnya sejak bulan Juni 2023.

“Itu mulai pembicaraan analisis kajian-kajiannya sampai di launching oleh Bapak Pj Gubernur pada tanggal 12 November kemarin,” ujarnya.

Dengan 9.800 dosis vaksin, tentunya ini tidak cukup untuk semua orang di Balikpapan, sehingga pihaknya harus benar-benar mengkaji supaya vaksin ini tepat sasaran.

“Kita melihat pada usia mana sih DBD ini banyak terjadi di Balikpapan, ternyata yang tertinggi di usia 5 sampai 14 tahun. Kasus yang tertinggi di kecamatan mana. Ternyata ada pergeseran sejak 3 tahun lalu, trend DBD di wilayah Kecamatan Balikpapan Utara dan yang kedua terbanyak adalah di wilayah Kecamatan Balikpapan Tengah,” tutupnya. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut