get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Perkuat Literasi Digital Santri di Balikpapan Lewat Santri Digitalpreneur

Masuk Zona Merah DBD, Dinkes Balikpapan Tetapkan Status Waspada

Selasa, 21 Maret 2023 | 15:21 WIB
header img
Kota Balikpapan menjadi salah satu kabupaten atau kota di Kalimantan Timur yang masuk dalam zona merah bahaya Demam Berdarah Dengue (DBD).(Foto: DOK.iNews.id )

BALIKPAPAN,iNewsBalikpapan.id - Kota Balikpapan menjadi salah satu kabupaten atau kota di Kalimantan Timur yang masuk dalam zona merah bahaya Demam Berdarah Dengue (DBD).

Untuk itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan memastikan saat ini telah menyiapkan beberapa langkah dalam upaya pencegahan DBD di Kota Balikpapan.

"Jadi memang pencegahan harus dilakukan oleh pemerintah kota. Untuk itu, kami sudah melakukan berbagai persiapan, diantaranya menyiapkan Larvasida, kemudian menyiapkan bahan kimia untuk fogging. Akan tetapi fogging itu merupakan alternatif terakhir. Yang jelas pada prinsipnya kasus ini kita antisipasi sejak awal untuk tidak terjadi lonjakan, itu yang kami kuatkan," ujar Ketua Tim Surveilan dan Imunisasi Dinkes Balikpapan Priharto, kepada wartawan, Senin (20/3/2023).

Berdasarkan data, Dinkes Balikpapan mencatat untuk kasus DBD di Balikpapan ditriwulan pertama di tahun 2023, untuk total kasus DBD mencapai 355 kasus tanpa adanya kasus kematian. 

Berbeda pada tahun lalu, peningkatan kasus DBD mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Tercatat untuk kasus DBD di tahun 2022 lalu mencapai 1897 kasus dengan 7 kematian. Dan 2021, dengan jumlah kasus DBD mencapai 578 dengan 4 kasus kematian.

"Untuk tahun ini kasus DBD yang terbanyak tercatat di Balikpapan Tengah dengan jumlah 99 kasus DBD, disusul kedua jumlah kasus terbanyak yaitu di Balikpapan Utara dengan 87 kasus, dan ke tiga Balikpapan Kota 65 Kasus. Kemudian Balikpapan Selatan 45 Kasus, Balikpapan Barat 45 Kasus, dan Balikpapan Timur 14 Kasus," pungkasnya.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut