get app
inews
Aa Read Next : Harga Sawit Tetap Anjlok Meski Larangan Ekspor CPO Telah Dicabut

BPDPKS Gelar Webinar Call for Proposal Grant Riset Sawit 2024 

Jum'at, 02 Februari 2024 | 12:31 WIB
header img
BPDPKS menggelar Webinar "Panggilan Proposal Grant Riset Sawit 2024". Foto: Ist

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id - BPDPKS menggelar Webinar "Panggilan Proposal Grant Riset Sawit 2024". Acara ini diselenggarakan sebagai bagian dari upaya sosialisasi Program Grant Riset Sawit, yang merupakan salah satu layanan yang dibiayai oleh dana sawit.

Webinar "Panggilan Proposal Grant Riset Sawit 2024" bertujuan untuk menyebarkan informasi bahwa Program Grant Riset Sawit telah dibuka oleh BPDPKS untuk menerima usulan penelitian sawit dari lembaga litbang di seluruh Indonesia. Panggilan Proposal berlangsung selama hampir 3 bulan hingga 17 Maret 2024.

Webinar dihadiri oleh 1.611 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia, terutama dari perguruan tinggi dan universitas. 

Antusiasme peserta menunjukkan minat tinggi para peneliti Indonesia dalam mengikuti Program Pendanaan Riset dari BPDPKS. Acara dibuka oleh Plt. Direktur Penyaluran Dana, Zaid Burhan Ibrahim, yang menekankan pentingnya dukungan riset untuk industri kelapa sawit yang berkelanjutan.

Penelitian dan Pengembangan diharapkan dapat memberikan solusi untuk berbagai masalah yang dihadapi industri kelapa sawit saat ini, seperti peningkatan produktivitas/efisiensi, keberlanjutan, kesadaran terhadap lingkungan dan isu-isu global, serta mendorong inovasi produk/pasar baru.

Program Penelitian dan Pengembangan Sawit merupakan inisiatif BPDPKS untuk memperkuat, mengembangkan, dan meningkatkan pemberdayaan perkebunan dan industri kelapa sawit di sektor hulu dan hilir, demi menciptakan industri kelapa sawit nasional yang tangguh dan berkelanjutan.

Zaid menyampaikan bahwa selama program penelitian dan pengembangan berjalan sejak tahun 2015, telah terjalin 329 kontrak kerja sama dengan 88 lembaga litbang, melibatkan 1.202 peneliti, dan menghasilkan 50 paten serta 243 publikasi.

Dalam Webinar ini, BPDPKS menghadirkan 2 narasumber, yaitu Prof (Ris) Didiek Hadjar Goenadi yang membahas "Peluang dan Tantangan Riset Kelapa Sawit untuk Mendukung Industri Kelapa Sawit Berkelanjutan" dan Arfie Thahar, STP., MM., yang membahas "Gambaran Pelaksanaan Program Grant Riset Sawit dan Tata Cara Submit Usulan Riset".

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut