get app
inews
Aa Read Next : Tak Ada Visa Haji, 24 WNI Ditangkap saat Miqat di Bir Ali

Suhu Permukaan di Makkah Capai 72 Derajat Celsius

Jum'at, 14 Juni 2024 | 16:23 WIB
header img
Kementerian Kesehatan Arab Saudi memperingatkan jemaah haji, suhu permukaan di tempat-tempat suci Makkah bisa mencapai 72 derajat Celsius (Foto: Reuters)

MAKKAH, iNewsBalikpapan.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Arab Saudi memperingatkan para jemaah haji akan bahaya paparan suhu permukaan tinggi di tempat-tempat suci Makkah. Seluruh jemaah memulai prosesi haji Jumat (14/6/2024) dengan melaksanakan ibadah Tarwiyah di Mina.

Kementerian memperkirakan, suhu permukaan, seperti di jalanan dan bebatuan pegunungan, bisa mencapai 72 derajat Celcius. Sementara suhu udara bisa mencapai 48 derajat Celsius, bahkan lebih.

Paparan sinar matahari dalam jangka waktu lama juga menimbulkan risiko tinggi bagi kesehatan, mengingat musim haji tahun ini berlangsung di tengah suhu tinggi di Makkah. Cuaca diperkirakan akan menjadi kendala terbesar yang dihadapi jemaah haji.

Oleh karena itu kementerian mengimbau kepada jemaah menggunakan payung guna menghindari paparan sinar matahari langsung serta meminum air yang cukup meski tidak merasa haus. 

Pemerintah juga mendesak jemaah untuk mematuhi semua instruksi dan saran kesehatan, menghindari keluar ruangan yang bisa terpapar langsung sinar matahari atau berjalan serta menyentuh permukaan selama jam sibuk dari pukul 11.00 hingga 15.00 waktu setempat.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut