get app
inews
Aa Read Next : Kaltim Jadi Magnet Investasi Baru, Agung Podomoro Siap Penuhi Kebutuhan Hunian

Profil Prajogo Pangestu, Orang Terkaya di Indonesia Berharta Rp1.124 Triliun

Jum'at, 30 Agustus 2024 | 07:57 WIB
header img
Orang terkaya Indonesia, Prajogo Pangestu menembus peringkat ke-26 orang terkaya di dunia. (Foto: Dok. Barito Pacific)

3. Petrindo Jaya Kreasi 

PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) merupakan perusahaan induk Prajogo Pangestu di sektor pertambangan mineral dan energi yang didirikan pada 2008 di Jakarta. Diketahui, perusahaan ini memiliki dua konsesi tambang batu bara di Kalimantan dan pertambangan emas di Nusa Tenggara Barat.

Petrindo Jaya Kreasi baru mencatatkan sahamnya di BEI pada 8 Maret 2023, dengan melepas 1,69 miliar saham atau 15,03 persen dengan harga Rp220 per saham. Emiten ini mengalami lonjakan harga ribuan persen sejak pertama kali melantai di bursa 

4. Barito Renewables Energy 

Prajogo Pangestu diperkirakan memiliki 45,84 persen saham PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) sekaligus menjadi pengendali utama perusahaan yang baru terdaftar di bursa beberapa bulan lalu.

Tiga anak Prajogo juga memiliki saham BREN secara tidak langsung melalui Green Era Energi Pte Ltd (GEE) dengan total kepemilikan sebesar 23,61 persen. GEE dimiliki oleh ketiga anak Prajogo bersama dengan Erwin Ciputra, yang menjabat Direktur BREN serta Presiden Direktur Chandra Asri Petrochemical (TPIA).

5. Star Energy Geothermal 

Melalui GEE, Prajogo Pangestu mengakuisisi 33,33 persen saham Star Energy Group Holding Pte Ltd dari BCPG Thailand dengan nilai transaksi sebesar Rp6,29 triliun pada Maret 2022. Star Energy Geothermal merupakan produsen energi panas bumi terbesar di Indonesia dan telah menjadi pemimpin dalam sektor energi terbarukan sejak didirikan pada 2003. 

Saat ini, Star Energy Geothermal mengoperasikan pembangkit listrik tenaga panas bumi dan lapangan uap di Indonesia dengan kapasitas bruto sebesar 875 MW. Pada 2028, Star Energy menargetkan untuk memperluas portofolionya hingga mencapai 1.200 MW.

Dikabarkan bahwa Prajogo telah mengincar Star Energy sejak 2009 untuk menjadi pengendali penuh perusahaan tersebut. Langkah ini diambil untuk menjaga stabilitas keuntungan dalam bisnis energi. 

Demikian ulasan gurita bisnis Prajogo Pangestu yang mengantarkannya menjadi orang terkaya di Indonesia.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut