get app
inews
Aa Read Next : IKN Pindah di Kaltim, Jakarta Bersiap Jadi Pusat Bisnis Global

Pemerintah Sebut Stok Minyak Goreng Curah Berlimpah, Harganya di Pasar Masih Tinggi

Sabtu, 21 Mei 2022 | 13:32 WIB
header img
Ilustrasi minyak goreng curah di pasar tradisional. Foto: Heri Purnomo MPI

JAKARTA, iNews.id - Harga minyak goreng curah di DKI Jakarta masih tinggi meskipun stoknya berlimpah alias tak langka lagi. Per Sabtu (21/5/2022), harga rata-rata minyak goreng curah di Jakarta sebesar Rp19.014 per kg.

Dilihat dari laman infopangan.jakarta.go.id pada Sabtu (21/5/2022), harga rata-rata minyak goreng curah di pasar tradisional cenderung stabil atau tidak mangalami kenaikan maupun penurunan. Namun di beberapa pasar tradisional, harga minyak goreng curah cukup tinggi, misalnya di Pasar Mampang Prapatan yang mencapai harga Rp22.000 per kg. Sedangkan harga terendah berada di Pasar Pademangan Timur, per kilogram minyak goreng curah hanya dijual seharga Rp17.000 per kg.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pemerintah berencana membuka Kembali keran ekspor CPO dan bahan turunannya termasuk minyak goreng, setelah dihentkan sejak 28 April 2022.  

Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi, mengatakan stok minyak goreng curah untuk kebutuhan dalam negeri sudah terpenuhi dengan diberlakukannya larangan ekspor CPO.

 Menurut dia, sejak larangan ekspor CPO diberlakukan melalui Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 22 Tahun 2022, produsen telah berupaya memenuhi pasokan minyak goreng curah. Mendag menjelaskan, sebelum larangan ekspor CPO diberlakukan, pasokan minyak goreng curah pada Maret 2022 hanya sebesar 64.626,52 ton setara dengan 33,2 persen dari kebutuhan nasional.  

Setelah pemberlakuan larangan ekspor CPO, lanjutnya, pasokan minyak goreng curah meningkat 108,74 persen dari kebutuhan nasional atau sebesar 211.638,65 ton.

"Pasokan ini lebih besar 17.004 ton dari kebutuhan nasional yang mencapai 194.634 ton," ujar Mendag Lutfi, di Jakarta, Jumat (20/5/2022).

Presiden Joko Widodo juga optimis harga minyak goreng akan turun beberapa pekan ke depan, seiring pasokan dalam negeri yang berlimpah. "Saya meyakini dalam beberapa minggu ke depan harga minyak goreng curah akan makin terjangkau menuju harga yang kita tentukan karena ketersediaannya makin melimpah," kata Presiden Jokowi dalam pernyataannya di Istana Merdeka, Jakarta, dikutip dari Youtube Setpres, Sabtu (21/5/2022).

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut