BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id - Pesta Retail Borneo yang menghadirkan lebih dari 400 toko kelontong dari Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara, serta didukung berbagai elemen masyarakat digelar di Pantai Kilang Mandiri Balikpapan Sabtu (3/12/2022).
Acara ini merupakan bagian dari rangkaian Pesta Retail terbesar di Indonesia yang digelar mulai 26 November hingga 18 Desember 2022.
Acara tersebut merupakan gagasan PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) melalui PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) dalam upaya mendukung transformasi dan digitalisasi bagi UMKM toko kelontong melalui Sampoerna Retail Community (SRC). SRC pesta retail terbesar ini digelar di 15 kota di Indonesia.
Pesta Retail Borneo dihadiri oleh Kepala Biro Perekonomian Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Sekretaris Dinas Perdagangan Kota dan Kepala Bidang Koperasi dan UKM Kalimantan Timur.
“Dengan adanya Pesta Retail Borneo ini kami harap dapat meningkatkan perekonomian Kalimantan Timur. Kami berterima kasih kepada SRC atas kolaborasinya dalam menjalankan program pembinaan toko kelontong dan pemberdayaan UMKM. Harapannya kolaborasi ini terus berlanjut agar perekonomian kita semakin berkembang,” kata Iwan, Kepala Biro Perekonomian Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.
Sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia telah menyebutkan bahwa UMKM berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Sektor ini berkontribusi hingga 60,5 persen terhadap produk domestik bruto (PDB), serta memiliki kemampuan untuk menyerap 96 persen dari total angkatan kerja nasional.
Direktur Penjualan PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) Ivan Cahyadi mengatakan, selama lebih dari 14 tahun eksis di Indonesia, Toko Kelontong SRC membawa transformasi yang progresif pada sektor UMKM nasional sehingga dapat secara konsisten berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi.
“Toko kelontong SRC di seluruh Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam menopang PDB, di mana kontribusinya mencapai Rp69,3 triliun atau setara 4,1 persen terhadap total PDB ritel nasional,” ujar Ivan.
Mengingat perannya yang sangat strategis dalam perekonomian Indonesia, Ivan mengatakan, perlu ada kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan agar sektor UMKM, khususnya toko kelontong, semakin maju. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk memperkuat sektor UMKM di Indonesia.
“Penguatan peran UMKM ini akan mengokohkan kesiapan Indonesia dalam menyongsong situasi ekonomi yang dinamis pada 2023. SRC juga telah bersiap untuk itu,” kata Ivan.
Sementara itu, Direktur PT SRCIS Rima Tanago menambahkan, Pesta Retail Borneo akan menjadi ajang untuk menyatukan dan memperkuat solidaritas dari seluruh toko kelontong SRC di Kalimantan Timur.
“Kegiatan ini merupakan bukti konkret dalam upaya kami mengembangkan potensi UMKM toko kelontong di seluruh Indonesia agar dapat naik kelas. Kami percaya Pesta Retail 2022 ini akan membangun optimisme pelaku UMKM agar siap menghadapi berbagai tantangan yang dinamis,” ujar Rima.
Editor : Mukmin Azis
Artikel Terkait