SKTT Pertama di Kaltim, PLN Bangun Jaringan Listrik Bawah Tanah di IKN 150 kV

Mukmin Azis
PLN akan menjaga keindahan IKN tersebut melalui pembangunan Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) pertama di Kalimantan Timur, dimana kabel transmisi dan peralatannya berada di bawah tanah. (Foto: ist)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id PLN sebagai pelaksana tugas penyediaan listrik di Ibu Kota Nusantara (IKN) menjamin sistem kelistrikan akan berbasis pada pasokan listrik yang ramah lingkungan dengan didukung teknologi pintar.

Ditambah dengan mengedepankan estetika “Kota Hijau”, selain melaksanakan pembangunan GIS 4 IKN, PLN akan menjaga keindahan IKN tersebut melalui pembangunan Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) pertama di Kalimantan Timur, dimana kabel transmisi dan peralatannya berada di bawah tanah

General Manager (GM) PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (PLN UIP KLT) Raja Muda Siregar menjelaskan, salah satu infrastruktur kelistrikan yang menunjang keindahan IKN yaitu SKTT 150 kV Landing Point GIS 4 IKN – GIS 4 IKN yang saat ini sedang dibangun. Infrastruktur ini merupakan bagian penting untuk mengubah transmisi yang sebelumnya dari Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV menjadi SKTT 150 kV.

“Landing Point ini ibaratnya sebuah station. Di mana di sini dari transmisi SUTT diubah menjadi SKTT atau kabel tanah. Jaringan kabel bawah tanah ini sesuai dengan filosofi sistem distribusi listrik di IKN yang Beautiful. Jadi di IKN inilah, pertama kalinya tidak ada kabel yang menggantung di udara. Termasuk untuk sistem fiber optik transmisi akan ditanam di kedalaman kurang lebih 5 meter di bawah tanah untuk menjamin keamanan,” ungkap Raja, Jumat (24/11/2023).

Lanjut Raja, untuk SKTT 150 kV landing point GIS 4 IKN – GIS 4 IKN sendiri memiliki panjang jaringan 1,7 kilometer. Dimulai efektif pekerjaan pada 20 Juni 2023 lalu, akan ditarget Commercial Operation Date (COD) di Mei 2024. “Progres terkini untuk Transmisi 150 kV Kariangau - GIS 4 IKN - SUTT 150 kV Kariangau - Landing Point dan SKTT 150 kV Landing Point - GIS 4 IKN telah mencapai tahap penyelesaian pondasi sebanyak 37 tapak dari 74 tapak tower, dan 264 meter galian kabel untuk SKTT” imbuhnya.

Editor : Mukmin Azis

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network