PLN UIP KLT Optimis Selesaikan Penyambungan KTT PT MMP di Bulan Peringatan Hari Pelanggan Nasional

Mukmin Azis
Penyambungan KTT PT MMP. (Foto: ist)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id - Dalam rangka perayaan Hari Pelanggan Nasional, PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (PLN UIP KLT) tengah mengupayakan penyelesaian pembangunan infrastruktur ketengalistrikan yang akan mengakomodir kebutuhan Konsumen Tegangan Tinggi (KTT) PT Mitra Murni Perkasa (PT MMP) sebesar 140 mega volt ampere (MVA) dengan sistem tapping melalui Incomer (Kariangau – Petung) - Gardu Induk (GI) 150kV Tempadung dan dioperasikan melalui Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV GI Tempadung - GI KTT MMP pada akhir bulan September ini. 

General Manager PLN UIP KLT Raja Muda Siregar menyampaikan bahwa pembangunan ini dilaksanakan sesuai Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) pada 2022 lalu antara PT MMP dengan PLN untuk dapat mendukung hilirisasi energi dengan perkembangan industri smelter nikel di Kalimantan.

“Saat ini, PLN UIP KLT bersama PT Hasta Karya Perdana dan PT Indisi tengah mengupayakan untuk dapat segera merampungkan pekerjaan pembangunan Incomer (Kariangau – Petung) - Gardu Induk (GI) 150kV Tempadung dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV GI Tempadung - GI KTT MMP dengan panjang lintasan 4,68 kilo meter sirkit (kms) yang akan ditopang oleh 9 tower. Progresnya memasuki proses stringing atau penarikan kabel,” jelas Raja.

Raja menambahkan bahwa selain mendukung hilirisasi energi di Kalimantan, proyek ini juga merupakan bagian dari komitmen PLN UIP KLT untuk memperkuat infrastruktur kelistrikan di wilayah Kalimantan khususnya Kalimantan Timur. 

“Melalui penyambungan PT MMP, PLN akan memastikan pasokan listrik yang stabil, dan handal untuk kelancaran operasional dan perkembangan industri di kawasan tersebut, serta pasokan listrik untuk masyarakat di sekitarnya,” ujar Raja. 

Bertepatan dengan momen Hari Pelanggan Nasional, PLN UIP KLT melalui Unit Pelaksana Proyek Kalimantan Bagian Timur 1 (UPP KLT 1) sebagai direksi pekerjaan optimis dapat menyelesaikan pekerjaan penyambungan KTT PT MMP. 

“Momen yang tepat untuk menegaskan komitmen kami terhadap pelayanan pelanggan dan dukungan kami terhadap perkembangan industri di Kalimantan. Penyambungan ini adalah wujud nyata dari upaya kami untuk memberikan layanan yang lebih baik dan memastikan bahwa industri besar seperti PT MMP mendapatkan pasokan listrik yang dapat diandalkan,” tambah Raja.

Tahapan selanjutnya adalah penyambungan melalui GI 150kV Tempadung yang saat ini masih dalam proses pengerjaan yang ditargetkan rampung pada pertengahan semester 1 tahun 2025. Pembangunan ini tidak hanya meningkatkan kapasitas dan kualitas pasokan listrik, tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dengan menyediakan infrastruktur yang mendukung aktivitas industri. Dengan adanya infrastruktur kelistrikan yang handal, diharapkan PT MMP dapat terus beroperasi secara optimal, yang pada gilirannya akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian daerah.

“PLN UIP KLT terus berkomitmen untuk berinovasi dan meningkatkan pelayanan guna memenuhi kebutuhan pelanggan dan mendukung kemajuan industri di wilayah operasionalnya, melalui penyelesaian pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang berpegang teguh pada prinsip tepat mutu, biaya dan waktu serta juga mengedepankan penerapan budaya K3. Melalui penyambungan ini nantinya merupakan bagian dari strategi jangka panjang PLN untuk memperkuat sistem kelistrikan dan berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan di Kalimantan,” tutup Raja.

Editor : Mukmin Azis

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network