Program Srikandi Movement PLN UIP KLT, Tingkatkan Pengetahuan dan Kompetensi Kelompok Tani Wanita

Mukmin Azis
Program Srikandi Movement PLN UIP KLT, Tingkatkan Pengetahuan dan Kompetensi Kelompok Tani Wanita Tanjung Palas Hilir.(Foto: ist)

TANJUNG PALAS, iNewsBalikpapan.id PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT) kembali menunjukkan komitmen dalam melaksanakan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan menggagas inisiatif pemberdayaan perempuan di RT 10, Tanjung Palas Hilir. 

Melalui program bertajuk Srikandi Movement ”Women Support Women" dalam rangka Pemberdayaan Kelompok Tani Wanita Desa/Kelurahan Berdaya Tanjung Palas Hilir, PLN berfokus untuk meningkatan kompetensi dan keterampilan kelompok tani wanita dalam mengolah serai. 

”Sebelum adanya kegiatan atau program ini, serai di RT 10 hanya dijual di pasar dengan harga yang relatif rendah, sekitar Rp 5.000 per kilogram. Melalui pelatihan pengolahan serai yang bekerja sama dengan UMK Aromaku untuk pembuatan minyak serai dan UMK Soaptherapy untuk pembuatan sabun serai, kelompok tani wanita diajarkan cara meningkatkan nilai jual komoditas lokal tersebut. Karena dengan pengolahan yang tepat, harga produk turunannya dapat meningkat hingga 100% bahkan lebih, sehingga dapat memberikan dampak positif pada peningkatan pendapatan keluarga,” jelas Ketua Srikandi PLN UIP KLT Yulina. 

Yulina menambahkan bahwa program Srikandi Movement ini merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk memberdayakan perempuan di lingkungan sekitar, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi lokal yang berkelanjutan dengan meningkatkan nilai ekonomi serai.

“Kami melihat potensi besar di RT 10 Tanjung Palas Hilir, khususnya dalam komoditas serai. Hasilnya selama ini lumayan besar, dimana info yang kami terima sekitar 1,5 Ton serai rutin dikirim ke pasar setiap 2-3 minggu untuk dijualkan. Sehingga melalui program ini, kami memberikan gambaran bahwa daun serai yang biasanya terbuang dapat diolah menjadi minyak serai dan juga batang serainya dapat diolah menjadi bahan campuran sabun. Melalui kegiatan pelatihan ini Srikandi PLN tidak hanya membantu meningkatkan keterampilan perempuan, tetapi juga membuka peluang usaha baru yang dapat berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat setempat,” ucap Yulina.

Editor : Mukmin Azis

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network