get app
inews
Aa Read Next : 20 Perusahaan Singapura Minat Investasi di IKN, Terkait Konsep Forestcity dan Smartcity

Profil Hartono Kweefanus, Konglomerat Filipina Sekaligus Pemilik Biskuit Khong Guan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 14:00 WIB
header img
Pemilik bisnis biskuit Khong Guan Hartono Kweefanus, yang juga pemilik perusahaan Monde Nissin. Foto: Forbes

JAKARTA, iNews.id - Masyarakat Indonesia tentu tidak asing lagi dengan biskuit Khong Guan. Biskuit ini kerap disajikan, terutama saat momen Lebaran di Tanah Air.

Untuk diketahui, pemilik perusahaan biskuit Khong Guan adalah Hartono Kweefanus dan keluarga. Hartono merupakan salah satu konglomerat dan pemilik perusahaan mi instan dan biskuit terbesar di Indonesia dan Filipina, Monde Nissin.

Hartono Kweefanus dan keluarga menempati peringkat 11 orang terkaya di Filipina pada 2021 versi Forbes, dengan kekayaan mencapai 1,95 miliar dolar AS atau setara Rp28,91 triliun. Selain menduduki jabatan petinggi di perusahaan miliknya, Hartono juga mengontrol dan berpengaruh besar di perusahaan cabang milik Monde Nissin, diantaranya adalah Monde Land Inc, Monde Rizal Properties Inc, Monde Nissin Singapore Pte Ltd, Monde Nissin UK Ltd, Monde Nissin International Investments Ltd, Monde Nissin Holdings (Thailand) Ltd, Monde Nissin New Zealand Limited, dan All Fit & Popular Foods Inc.

Sementara adiknya, Hoediono Kweefanus juga menjabat sebagai presiden dan direktur di beberapa perusahaan grup yakni PT Nissin Biscuit dan PT Monde Makkota, lalu direktur Monde Nissin Singapore Pte Ltd, Monde Nissin International Investments Ltd, Monde Nissin Holdings (Thailand) Ltd, Monde Nissin New Zealand Limited, KBT International Holdings Inc, Monexco International Ltd, dan Monde Nissin (Thailand) Co Ltd.

Dikutip dari beberapa sumber oleh MNC Portal Indonesia, awalnya Monde Nissin didirikan oleh pengusaha Indonesia Hidajat Darmono atau juga dikenal sebagai Kwee Boen Twie pada 1979. Perusahaan ini awalnya berfokus pada industri pengolahan makanan dan minuman ringan, dimana produk pertamanya adalah Nissin Butter Coconut Biscuits dan Nissin Wafer yang menjadi legendaris hingga saat ini.

Penjualan meningkat signifikan dan terus mencatat keuntungan usai keluarga miliarder ini melakukan pencatatan IPO di Filipina pada 2021 lalu, dengan nilai valuasi sebesar 1 miliar dolar AS dan berhasil menambah kekayaan keluarga Kweefanus menjadi 3,6 miliar dolar AS menurut Bloomberg Billionaires Index.

Hingga kini kakak beradik Hartono dan Hoediono berperan sebagai orang yang sangat penting di perusahaannya. Hartono menjabat sebagai ketua dewan direksi sekaligus direktur di Monde Nissin Corp. Sedangkan Hoediono menjadi wakil ketua dewan direksi sekaligus direktur perusahaan.

Saat ini pemasaran produk sudah merambah lebih ke 30 negara, dimana Filipina dan Thailand menjadi pasar terbesar utama. Selain itu, Perusahaan juga meningkatkan ekspornya ke Amerika Utara, Eropa, Timur Tengah, termasuk Jepang dan Vietnam.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut