get app
inews
Aa Read Next : Tuntunan Lengkap Hukum Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

Keutamaan Membaca Al-Kahfi di Hari Jumat, Simak Penjelasan Hadistnya

Jum'at, 01 Juli 2022 | 08:02 WIB
header img
Membaca Surat Al-Kahfi di hari Jumat memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan. Foto: Freepik

JAKARTA, iNews.id – Kenapa Al-Kahfi dibaca Hari Jumat? Mungkin banyak yang belum mengetahui keutamaan membaca Al Kahfi di hari Jumat. Berikut penjelasannya dalam hadits.

Al-Kahfi merupakan surat ke-18 dalam Alquran yang berarti para penghuni goa. Surat ini mengisahkan tujuh pemuda saleh dan seekor anjing yang mengasingkan diri dari kejaran penguasa zalim dan kafir.

Mereka hidup pada masa Raja Diqyanus di Romawi beberapa ratus tahun sebelum diutusnya Nabiyullah Isa As. Mereka dipaksa menyembah berhala. Namun, para pemuda saleh ini menolak dan lari dari kejaran pasukan raja hingga sampai dimulut gua dan dijadikan tempat persembunyian.

Dengan izin Allah mereka kemudian ditidurkan selama 309 tahun di dalam gua, dan dibangkitkan kembali ketika masyarakat dan raja mereka sudah berganti menjadi masyarakat dan raja yang beriman kepada Allah SWT (Tafsir Ibnu Katsir).

Kenapa Al-Kahfi Dibaca Hari Jumat?

Dalam sejumlah hadits Nabi SAW disebutkan beberapa keutamaan bagi orang yang membaca Surat Al-Kahfi di hari Jumat. 

Di antaranya, diampuni semua dosa di antara dua Jumat, telapak kaki akan muncul cahaya hingga ke langit dan menyinarinya kelak di hari kiamat. Selain itu, akan diberikan ketenangan hati selama sepekan hingga Jumat berikutnya.

Anjuran dan keutamaan membaca Al-Kahfi di hari Jumat disebutkan dalam hadits berikut:

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ، سَطَعَ لَهُ نُورٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءِ، يُضِيءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وغُفر لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ "

Dari Ibnu Umar yang mengatakan bahwa Rasulul­lah Saw. pernah bersabda: Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka timbulah cahaya baginya yang menerangi antara dia hingga Baitul' Atiq (Ka'bah)."

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut