get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Perkuat Literasi Digital Santri di Balikpapan Lewat Santri Digitalpreneur

Binda Kaltim Gencarkan Vaksinasi Covid-19 sampai Pelosok Balikpapan

Jum'at, 29 Juli 2022 | 20:02 WIB
header img
Vaksinasi door to door dilakukan Binda Kaltim di Pemukiman Salok Baru RT 08 Kariangau, Balikpapan Barat menyasar lansia. (Foto: iNews.id/Mukmin Azis)

BALIKPAPAN, iNews.idBadan Intelijen Negara Daerah (Binda) Kaltim terus menggencarkan vaksinasi di kota Balikpapan agar mencapai target vaksinasi nasional. Pelaksanaan vaksinasi dilakukan dengan menyambangi wilayah pelosok dan belum mencapai target vaksinasi, Jumat (29/7/2022).

Sasaran vaksinasi kali ini berada di Salok Baru RT 08 Kariangau, Balikpapan Barat. Pemukiman tersebut berada di kawasan pesisir kota Balikpapan. Relawan medis Binda Kaltim harus menempuh jalur laut perairan Teluk Balikpapan selama 30 menit menggunakan perahu motor cepat sebelum tiba di lokasi sasaran.

Antusias warga sangat tinggi, terbukti sejak dibuka pukul 09.00 Wita  warga sekitar sudah rela mengantre. Gerai vaksin dibuka di Puskesmas setempat, selain warga sekitar sejumlah pekerja industri yang perusahaannya berdiri di sekitar pemukiman warga juga ikut melakukan vaksinasi baik tahap satu, dua maupun booster. Selain membuka gerai sentra vaksin juga dilakukan sistem door to door menyasar rumah warga.
"Terima Kasih Pak, akhirnya ada vaksinasi di kampung kami, ini pertama kalinya ada vaksin disini," ungkap Junaidi, Ketua RT 08 Salok Baru.

Koordinator Binda Kaltim wilayah Balikpapan, Ridwan mengungkapkan, pihaknya sengaja menyasar wilayah-wilayah yang berada di pelosok dan jauh guna membantu warga yang belum tervaksinasi Covid-19. Hal ini untuk mempercepat herd immunity atau kekebalan komunal di wilayah tersebut.
“Kami juga melakukan vaksinasi door to door atau mendatangi warga secara langsung untuk mempercepat target vaksinasi, kebanyakan kami menyasar para lansia yang kesulitan mendatangi gerai vaksin atau puskesmas," kata Ridwan.

Dia menambahkan, vaksinasi massal pada kali ini digelar serentak di dua titik selain di Salok Baru juga digelar di wilayah Gunung Samarinda. Adapun total vaksinnya sebanyak 600 dosis. Dengan rincian, Salok Baru 300 dosis dan Gunung Samarinda 300 dosis. “Wilayah ini kita pilih karena persentasi vaksinnya kecil, terlebih wilayahnya pelosok," beber dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendali Penyakit Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, Ahmad Jais mengatakan capaian vaksinasi booster di kota Balikpapan saat ini telah mencapai 44,6 persen. Ditargetkan pada bulan Agustus pencapaian vaksinasi akan mencapai 70 persen. Terkait jumlah kasus Covid-19 dari data Dinas Kesehatan Kota Balikpapan dilaporkan  setiap hari terjadi kasus positif Covid-19. " Langkah luar biasa Binda Kaltim melakukan vaksinasi door to door ke daerah pelosok seperti ini. Hampir setiap hari ada kasus covid-19 yang dilaporkan kami berharap dengan adanya vaksinasi ini herd imunity dapat terbentuk," terang dia. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut