get app
inews
Aa Read Next : Sandy Walsh Antusias Nyoblos di KBRI Brussels

Begini Nasib Pesepakbola Indonesia Pasca Pensiun, Jadi Ojol hingga Jaga Kelab Malam

Rabu, 03 Agustus 2022 | 14:11 WIB
header img
Pesepakbola Indonesia yang Banting Setir sesudah Pensiun. Anang Ma'ruf banting setir menjadi pengemudi ojek online (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Masa pensiun pesepakbola profesional tidak secemerlang karier mereka saat masih aktif bermain. Ada sejumlah pesepakbola Indonesia yang banting stir sesudah pensiun dari dunia olahraga. Tak lagi menjadi seorang olahragawan, beberapa pensiunan pemain sepak bola berikut ini sekarang menggeluti bidang lain.

Beberapa dari mereka bahkan pernah membela Timnas Indonesia di sejumlah ajang. Namun, para mantan pemain itu kini telah menjalani profesi yang jauh dari sepak bola. 

Ada yang menjadi wirausaha, politisi, PNS, bahkan penjaga kelab malam. Siapa saja mereka? Berikut ini adalah daftarnya yang telah dirangkum iNews.id, Senin (18/7/2022).

Pesepakbola Indonesia yang Banting Setir sesudah Pensiun

1. Anang Ma’ruf

Anang Ma’ruf adalah mantan bek kawakan Indonesia yang pernah bermain di beberapa klub besar Liga Indonesia. Ia sempat menjadi stopper di Deltras Sidoarjo, Persebaya Surabaya, hingga Persija Jakarta.

Nama Anang Ma’ruf mengisi skuad Timnas Garuda era 1995-2000. Ia tercatat pernah 28 kali bermain bersama Timnas Indonesia di berbagai ajang. Sayangnya, nasib buruk sempat menimpa Anang Ma’ruf ketika tertipu investasi bodong yang membuat tabungan selama berkarier di sepak bola ludes.

Pada tahun 2015, mantan olahragawan ternama itu sempat mencoba menjadi supir ojek online untuk menghidupi keluarganya. Namun kabar terakhir menyebut bahwa ia mendapat perhatian Pemerintah kota Surabaya untuk menjadi staf di bidang olahraga dan prestasi Dispora Surabaya. 

2. Zaenal Arif

Nama Zaenal Arif sudah malang melintang di dunia sepak bola Indonesia. Kiprahnya sebagai pesepakbola andal mulai mencuat ketika berseragam Persita Tangerang pada tahun 2006-2009. Saat itu, ia sempat mencetak 44 gol dari 48 kali penampilan tim yang dijuluki Pendekar Cisadane itu.

Zaenal Arif juga sempat dipercaya mengisi skuad Timnas Indonesia pada era 2000-an awal, dari kelompok usia muda, hingga level senior. Setelah pensiun pada 2014, Zaenal Arif melanjutkan karier sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Ia diketahui bertugas di Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung dan bertugas melakukan sosialisasi pajak ke masyarakat. 

3. Jack Komboy

Jack Komboy adalah pesepakbola Indonesia yang pernah membela dua klub besar sepanjang kariernya di Liga Indonesia. Jack Komboy sempat bermain untuk Persipura Jayapura pada tahun 1999-2003. Setelah itu, ia kemudian hijrah ke PSM Makassar selama musim 2003-2004 sebelum kembali lagi ke Persipura Jayapura (2004-2010).

 

Pada tahun 2010, ia memilih untuk pensiun di usianya yang baru menginjak 33 tahun. Jack Komboy dikabarkan aktif sebagai anggota Wakil Ketua Komisi V DPRD Papua dari Partai Hanura. Komisi V tempat Jack Komboy bernaung adalah bidang Kesejahteraan Rakyat dan Sosial Budaya. Hal ini membuat Jack Komboy lebih dekat dengan masyarakat.

4. Ilham Jaya Kesuma

Pemain asal Palembang, Sumatera Selatan, Ilham Jaya Kesuma mulai dikenal ketika membela Persita Tangerang. Ilham Jaya juga pernah berkarier ke Malaysia dan bermain untuk Selangor. Karena kiprahnya kurang gemilang saat di Negeri Jiran, Ilham Jaya kembali ke Indonesia pada 2007.

Namanya masuk menjadi salah satu penyerang legendaris Timnas Indonesia pada rentang 2004-2007. Setelah pensiun pada 2012, Ilham Jaya Kesuma melanjutkan karier sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang. Ia diketahui bertugas di Dinas Cipta Karya Pemkab Tangerang.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut