Peringati Haornas 2022 di Balikpapan, Ma'ruf Amin Sebut Olahraga Jadi Alat Jaga Perdamaian Dunia

Binti Mufarida
.
Jum'at, 09 September 2022 | 22:11 WIB
Peringatan Hari Olahraga Nasional ke-39 Tahun 2022 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (9/9/2022).(Foto: Istimewa)

BALIKPAPAN, iNews.id-  Peringatan Hari Olahraga Nasional ke-39 Tahun 2022 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (9/9/2022), Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyebut olahraga bisa menjadi sarana penjaga perdamaian dunia. Sebab, olahraga dapat membentuk karakter bangsa yang kuat. “Olahraga membentuk karakter bangsa, bahkan dapat menjadi sarana penjaga perdamaian dunia,” kata Wapres saat memberikan sambutannya.

Ma'ruf mengatakan semangat membangun keolahragaan nasional harus terus digelorakan, karena memberikan banyak makna dalam kehidupan.

Bahkan, kata dia, olahraga juga mampu menyatukan perbedaan, karena yang diusung adalah kesetaraan. Olahraga bukan semata soal stamina, melainkan tentang kualitas hidup yang lebih sejahtera. “Olahraga membangun kedisiplinan, ketangguhan, sportivitas, dan kerja sama. Kesemuanya berguna dalam kehidupan kita,” ujarnya.

Dia mengungkapkan mencetak juara bukan perkara instan, melainkan butuh pembinaan secara berkelanjutan yang berbasis pada ilmu pengetahuan.

“Oleh karena itu saya ingin mengucapkan terima kasih, khususnya kepada para atlet dan pelatih, yang telah mengibarkan bendera Merah Putih dan mengumandangkan Indonesia Raya di panggung-panggung olahraga,” kata Wapres.

Selain itu, Wapres meminta agat sport science mesti dipraktikkan secara serius, agar atlet-atlet makin terurus. “Saya mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk berkolaborasi membangun ekosistem yang modern dan kondusif bagi tumbuhnya industri olahraga nasional,” paparnya.

“Kita ingin mencetak gaya hidup sehat dan atlet berprestasi,” tambah Wapres.

Editor : Mukmin Azis
Bagikan Artikel Ini