get app
inews
Aa
Read Next : Sadis! Wartawan Media Online Tewas Dibunuh Tetangga di Jombang, Ditembak dan Dipukul Pakai Palu

Sumur Kuno Era Majapahit Ditemukan di Jombang, Begini Bentuknya

Senin, 12 September 2022 | 09:56 WIB
header img
Penampakan sumur kuno era Majapahit yang ditemukan warga Desa Kesamben Jombang saat menggali tanah. (Foto: Muchtar Bagus)

JOMBANG, iNews.id - Warga Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang dihebohkan dengan penemuan sebuah sumur kuno yang terkubur di dalam tanah. Sumur tersebut diyakini merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit yang terkubur akibat letusan gunung berapi di masa lalu.

"Tanah liat bulat kalau gak salah setengah meter. Diperkirakan di sini ada permukiman pada zaman Majapahit," kata Kepala Desa Kesamben, WS Yudha, Senin (12/9/2022).

Dia mengatakan, penemuan tersebut bukan kali pertama terjadi di wilayahnya. Sebelumnya, menurut dia, warga juga sempat dihebohkan dengan penemuan lentera kuno saat menggali makam.

"Waktu gali makam juga ditemukan cerupa, tempat lentera yang ada rantainya. Diperkirakan di sini masih banyak penemuan yang lain," ucap Yudha.

Penemuan sumur tersebut semula ketika salah seorang warga sedang menggali tanah. Tiba-tiba ditemukan sebuah struktur mirip sumur yang menjorok ke bawah. Letak sumur tersebut hanya sedalam satu meter dari permukaan. 

Sumur kuno ini tidak terbuat dari struktur bata merah. Namun terbuat dari susunan jobong dengan tepian tanah liat yang dibakar.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut