Tim Puslabfor Ambil Arang dan Kabel Dari Dua TKP Kebakaran Balikpapan Barat

Roy Marisi
.
Selasa, 13 September 2022 | 16:13 WIB
Kapolsek Balikpapan Barat Komisaris Djoko Purwanto. (Foto: iNews.id)

BALIKPAPAN, iNews.id - Penyelidikan sumber api dalam dua peristiwa kebakaran di wilayah Balikpapan Barat melibatkan tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri. Dua anggota forensik Puslabfor Polri cabang Surabaya diterjunkan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), Selasa (13/9/2022).

Kapolsek Balikpapan Barat Komisaris Djoko Purwanto mengatakan, olah TKP pertama dilakukan di lokasi kebakaran Jalan Pandansari, Kelurahan Margasari dan kemudian dilanjutkan di kawasan Gunung Polisi, Kelurahan Baru Ilir, Balikpapan Barat. Dari pemeriksaan di titik awal munculnya api pada kedua lokasi tersebut, tim forensik mengamankan sejumlah barang bukti berupa arang dan kabel listrik.

“Ada berupa beberapa arang kalau yang di Pandansari. Beberapa arang yang diduga dari sumber api. Terus untuk di Gunung Polisi juga arang dan beberapa kabel listrik,” ujar Djoko saat ditemui di Polresta Balikpapan.

Adapun barang bukti yang diamankan tersebut, kata Djoko sebagai sampel untuk diuji di laboratorium. Sampai dengan saat ini, Ia mengaku masih menunggu hasil pemeriksaan tersebut guna menarik kesimpulan mengenai sumber api dalam kedua peristiwa yang terjadi beberapa waktu lalu itu.

Sementara mengenai saksi-saksi yang telah diminta keterangan, Djoko mengungkap sudah ada tujuh orang.

“Saksi yang di Pandansari sudah ada empat orang, termasuk pemilik rumah yang diduga lokasi awal munculnya api. Untuk di kawasan Gunung Polisi sudah tiga,” terangnya.

Sebagai informasi, kebakaran di Jalan Pandansari, Kelurahan Margasari Balikpapan Barat terjadi Rabu, 7 September 2022 siang lalu. Ada sekitar 34 bangunan rumah toko (ruko) dan hunian warga RT 18 dan 20 yang terdampak dalam peristiwa tersebut.

Sehari berselang dari peristiwa tersebut, atau sekitar pukul 16.30 Wita, giliran belasan hunian warga di RT 38, Kelurahan Baru Ilir Balikpapan tersambar api. Sebanyak tujuh bangunan rumah warga dilaporkan hangus, sementara beberapa lainnya terdampak sebagian.

Editor : Mukmin Azis
Bagikan Artikel Ini