get app
inews
Aa Read Next : FIFA Tunjuk Cile Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2025, Ambisi Indonesia Pupus

Deretan Pulau Terpencil di Indonesia, Ada Yang Mirip di Kartun Spongebob SquarePants

Sabtu, 17 September 2022 | 08:13 WIB
header img
Pulau Manimbora atau dijuluki Spongebob Island merupakan pulau kecil dengan pasir putih menawan dan pohon tinggi menjulang di Kepulauan Derawan. (Foto: istimewa)

BERAU, iNews.id - Pulau terpencil berikut ini menjadi menantang siapapun yang berkunjung untuk bertahan hidup. Mereka diuji dengan minimnya fasilitas di pulau tersebut. Namun, bila ingin merasakan pengalamannya, harus membayar sejumlah uang untuk menginap per malam. 

Deretan pulau terpencil di Indonesia

1. Pulau Manimbora

Siapa yang suka karakter kartun Spongebob? Ternyata di Berau, Provinsi Kalimantan Timur, ada pulau kecil yang mirip dengan pulau di kartun Spongebob SquarePants. 

Pulau Manimbora atau dijuluki Spongebob Island merupakan pulau kecil dengan pasir putih menawan dan pohon tinggi menjulang di Kepulauan Derawan. Saking kecilnya, pengunjung bisa melihat keseluruhan pulau ini dari kapal. 

Pulau Manimbora dijadikan tempat jenazah dikubur oleh Suku Bajau. Sering ditemukan tulang belulang manusia di pulau ini.

2. Pulau Tando

Lokasinya, berada dalam wilayah Nusa Tenggara Barat. Letaknya yang terpencil membuat pulau ini sangat cocok untuk healing dan menjauhkan diri dari keramaian.

Pantai pasir putih di Pulau Tando merupakan, salah satu yang terbaik. Pengunjung bisa bermalam minimal tiga hari di pulau terpencil ini. Jangan khawatir, Pulau Tando memiliki bungalow yang lengkap dengan kamar mandi.

3. Pulau Siroktabe

Pulau terpencil di Indonesia ini masuk dalam wilayah Kepulauan Nias, Sumatera Utara. Pulau Siroktabe tidak berpenghuni dan tidak berfasilitas. Cocok untuk kamu yang ingin menjauh dari peradaban dan menyatu dengan alam. 

Pulau Siroktabe terdiri dari hutan dan hamparan laut yang indah. Meski hutan lebat, tidak ada binatang buas yang tinggal di sana. Sama seperti Pulau Amparo, kamu harus merasakan tantangan bertahan hidup.

4.Pulau Asu

Jangan emosi dulu, nama pulau ini bukan berarti umpatan dalam bahasa Jawa. Melainkan nama pulau terpencil yang terletak di Kepulauan Nias, Sumatera Utara dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. 

Pulau Asu termasuk pulau terluar di Kepulauan Nias. Pulau Asu memanjakan wisatawan dengan laut jernih dan hamparan pasir putih. Kegiatan yang bisa dilakukan di pulau ini adalah snorkeling dan diving. Keindahan bawah lautnya dapat membuatmu terpukau. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut