get app
inews
Aa Read Next : KPU Balikpapan Targetkan 200 Ribu Kertas Suara Sehari, Libatkan 150 Petugas Pelipatan

APBD Perubahan 2022 Kota Balikpapan Naik Menjadi 3,2 Triliun

Senin, 03 Oktober 2022 | 14:16 WIB
header img
Kota Balikpapan. (Foto: Istimewa)

BALIKPAPAN, iNews.id - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kota Balikpapan Tahun 2022 diproyeksikan mengalami kenaikan menjadi Rp3,2 triliun. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Muhaimin. 

"Kalau di APBD murni itu Kalau tidak salah Rp2,628 triliun. Dan di APBD perubahan ada perubahan menjadi Rp3,2 triliun. Jadi ada penambahan sekitar 640 miliar," kata Muhaimin di Balai Kota Balikpapan, Senin (2/10/2022).

Kenaikan besaran APBD perubahan ini diperoleh dari SiLPA atau selisih lebih realisasi penerimaan dan pengeluaran anggaran tahun sebelumnya dan kenaikan PAD (Pendapatan Asli Daerah).

Alokasi penambahan anggaran ini, menurut Muhaimin, sebagian besar dialokasikan untuk pembayaran gaji yang hanya dialokasikan untuk 10 bulan dalam APBD murni hingga September ini. Dan juga anggaran BOS (Bantuan Operasional Sekolah) yang dianggarkan juga untuk 10 bulan di sekolah-sekolah. Dengan alokasi anggaran ini maka anggaran yang tersedia akan mencukupi hingga 13 bulan.

"Karena keterbatasan anggaran memang di APBD murni setiap OPD banyak dibayarkan hanya untuk 10 bulan, hingga September melalui APBD murni dan sisanya di bulan Oktober hingga hingga Desember itu dialokasikan melalui APBD perubahan, untuk Oktober sampai Desember sehingga pas saja," tutup Muhaimin. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut