Logo Network
Network

Pertamina Rencanakan Gelar Latihan Kesiapsiagaan Keadaan Bahaya Skala Besar di Kilang Balikpapan

Mukmin Azis
.
Selasa, 15 November 2022 | 08:25 WIB
Pertamina Rencanakan Gelar Latihan Kesiapsiagaan Keadaan Bahaya Skala Besar di Kilang Balikpapan
Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan berencana akan melaksanakan latihan kesiapsiagaan keadaan bahaya (emergency drill) skala besar. (Foto: dok Kilang Pertamina Internasional Cilacap)

BALIKPAPAN, iNews.id- Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan berencana akan melaksanakan latihan kesiapsiagaan keadaan bahaya atau emergency drill skala besar.

Area Manager Communication, Relations & CSR KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin mengatakan kegiatan latihan keadaan darurat tersebut merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh PT KPI Balikpapan.

"Tahun ini, kami mencoba melibatkan para pemangku kepentingan yang lebih besar diantaranya Kepolisian, TNI, KSOP, Pemerintah Daerah dan pemangku kepentingan lainnya. Kami juga akan melibatkan mitra binaan kami Kelompok Kampung Siaga Bencana Kelurahan Margasari dan Kelurahan Baru Tengah. Namun tentu kita berharap, kita semua terhindar dari bahaya-bahaya yang tidak kita inginkan." kata Chandra, Selasa (15/11/2022). 

Manager HSSE PT KPI Unit Balikpapan Arjon Siagian mengungkapkan, guna memastikan kelancaran pelaksanaan kegiatan dimaksud, PT KPI Unit Balikpapan melakukan pembahasan skenario latihan dengan para pemangku kepentingan yang berlangsung di Gedung Banua Patra, Balikpapan Senin (14/11/2022).

"Latihan kesiapsiagaan bahaya yang akan kita lakukan kali ini di Pertamina disebut latihan level 2," kata dia 

Dalam latihan ini, tidak hanya melibatkan pekerja di level unit, namun juga akan melibatkan managemen kantor pusat PT KPI. 

Arjon menambahkan bahwa sebagai perusahaan yang bergerak di industri pengolahan minyak yang beresiko tinggi, PT KPI Unit Balikpapan telah melakukan mitigasi berbagai kemungkinan bahaya yang mungkin terjadi. 

Pencegahan menjadi hal yang utama melalui penerapaan aspek-aspek Health Safety Security & Environment (HSSE) yang ketat. Namun, kesiapsiagaan merupakan hal yang juga tak kalah penting untuk dilakukan.

"Kami tentunya butuh dukungan dari para pemangku kepentingan. Kilang ini adalah salah satu objek vital nasional yang memasok sekitar 26 persen kebutuhan nasional. Apabila ada kendala maka akan ada potensi masyarakat terganggu pasokan bbm-nya," kata Arjon.

Untuk itu kata Arjon, PT KPI Unit Balikpapan mengundang semua para pemangku kepentingan untuk koordinasi dan mendapatkan masukan terhadap tindakan-tindakan yang akan diambil oleh Pertamina bila menghadapi suatu situasi keadaan bahaya.

"Kami yakin melalui forum ini, para stakeholder kami tentunya dapat memberikan masukan terhadap skenario yang telah kami susun dan mungkin memberikan cara pandang yang berbeda. Semoga melalui forum-forum ini, kita dapat meningkatkan silaturahmi antar institusi demi kepentingan negara yang lebh besar," harap Arjon.

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.