get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Perkuat Literasi Digital Santri di Balikpapan Lewat Santri Digitalpreneur

Kantor Pos Balikpapan Salurkan Bantuan Kemensos ke 37.099 Keluarga Penerima Manfaat

Jum'at, 16 Desember 2022 | 17:42 WIB
header img
Kantor Cabang Utama (KCU) Pos Balikpapan kembali menyalurkan bantuan dana dari kementrian sosial, di GOR Kelurahan Baru Ulu. (Foto: iNews.id/Mukmin Azis)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id- Kantor Cabang Utama (KCU) Pos Balikpapan kembali menyalurkan bantuan dana dari Kementrian Sosial, di GOR Kelurahan Baru Ulu, Balikpapan Barat. Di lokasi ini terdata ada 462 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yang menerima bantuan langsung tunai tahap II, bantuan sembako, dan bantuan program keluarga harapan.  

Jumlah KPM ini berasal dari 6 kelurahan di Kecamatan Balikpapan Barat. 108 KPM dari kelurahan Baru ulu, 69 KPM dari kelurahan Margo Mulyo, 86 KPM dari kelurahan Baru Tengah, 157 KPM dari kelurahan Baru Ilir, 30 KPM dari kelurahan Marga Sari, dan 12 KPM dari kelurahan Kariangau. 

Sekretaris Lurah Baru Ulu, Daud Sumardi menyampaikan penyaluran untuk KPM dari 6 kelurahan dipusatkan di GOR ini. 

Terkait mekanisme pembagian uang tunai, jika yang bersangkutan tidak bisa hadir, maka bisa diwakilkan dengan catatan berada dalam 1 kartu keluarga. 

“Jika KPM tidak bisa hadir ke lokasi dan yang mewakilkan tidak berada dalam 1 KK, maka nanti petugas kantor pos bersama pihak kelurahan dan dinas sosial akan mendatangi rumah penerima,” ujarnya. 

Pada pelaksanaan penyaluran bantuan ini juga mendapat pengamanan dari Babinsa dan Bhabinkamtibmas, untuk memastikan kelancaran pelaksanaan. 

Sementara itu, salah seorang penerima manfaat, Sulimah mengaku sangat senang mendapat bantuan ini, untuk pertama kalinya. Dana ini dirasa sangat bermanfaat untuk kebutuhan hidupnya. 

“Alhamdulillah seneng banget, apalagi baru pertama kali dapat bantuan senilai Rp.900.000,-. Mudahan terus berlanjut ya,” katanya.

Bantuan ini diakuinya akan dimanfaatkan, seperti untuk membeli sayur, hingga membayar tagihan air dan listrik di rumah. 

“Terima kasih kepada pemerintah dan presiden yang membantu kami,” kata wanita berusia 62 tahun ini seusai mengambil dana bantuan. 

Kepala KCU Pos Balikpapan, Wendy Nugroho mengatakan untuk penyaluran bantuan kali ini, ada 37.099 KPM dari 3 kabupaten dan kota. Yakni Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara, serta Kabupaten Paser. 

Untuk BLT BBM senilai Rp300 ribu, bantuan sembako senilai Rp600 ribu, dan untuk program keluarga harapan variatif mulai dari Rp225 ribu. 

“Sampai saat ini sudah tersalur 94 persen, dan target kami pada 25 Desember bisa tersalurkan seluruhnya,” ujarnya.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut