get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Perkuat Literasi Digital Santri di Balikpapan Lewat Santri Digitalpreneur

Rakernas APPSI di Balikpapan, Jokowi Minta Kepala Daerah Genjot Produksi Beras

Kamis, 23 Februari 2023 | 13:17 WIB
header img
Jokowi menghadiri pembukaan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tahun 2023, yang digelar di Balikpapan. (Foto: istimewa)

BALIKPAPAN,iNewsBalikpapan.id - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tahun 2023, yang digelar di Ballroom Hotel Novotel, Kota Balikpapan, Kamis (23/2/2023).

Jokowi meminta kepada seluruh pemerintah di daerah untuk menjaga stabilitas pasokan pangan dan harga pangan, terutama beras di wilayah masing-masing. Sehingga jangan sampai pasokan dalam kondisi tidak ada. 

Serta juga menggenjot produksi beras di wilayah masing-masing. Jokowi juga meminta, agar para kepala daerah untuk saling bekerja sama dalam memenuhi kebutuhan pangan di setiap daerah, sesuai dengan komoditas andalan masing-masing.

"Jadi kolaborasi sangat diperlukan. Yakni  telepon antar gubernur itu, sangat penting. Suplai yang banyak, misalnya dari Jawa Timur, lihat ada kelebihan surplus berapa, yang kurang tolong segera tarik ke daerah yang kekurangan," katanya. 

"Saya kalau ke daerah, saya selalu megecek ke pasar. Meski satu atau dua pasar, sebab saya ingin mengontrol dan memastikan bahwa barangnya ada. Kalau barangnya ada, yang kedua kita cek harganya, harganya bener atau tidak bener. Karena ini  menyangkut inflasi," tambah Jokowi.

Sementara itu, Gubernur Kaltim sekaligus Ketua Umum APPSI Isran Noor mengatakan, bahwa Rakernas APPSI yang bertema Menyongsong Pemerintahan Baru Pasca Pilpres Tahun 2024 bertujuan untuk merumuskan hal yang berkaitan dengan  penyelenggaraan pemerintahan provinsi di seluruh Indonesia.

"Rakernas APPSI kali ini akan banyak membahas terkait dengan persoalan-persoalan kerja sama, persoalan-persoalan tugas dalam hal pembangunan di seluruh provinsi di Indonesia, termasuk tanggung jawab dan tugas gubernur sebagai wakil pemerintah pusat dan juga sebagai kepala daerah," kata Isran. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut