get app
inews
Aa Read Next : KPU Balikpapan Targetkan 200 Ribu Kertas Suara Sehari, Libatkan 150 Petugas Pelipatan

Presiden Jokowi Minta Izin Konser dan Olahraga Dipermudah 

Kamis, 23 Februari 2023 | 21:33 WIB
header img
Jokowi meminta kepada Kapolri dan pemerintah daerah agar mempermudah penerbitan izin konser dan olahraga. (Foto: iNewsTV/Mukmin Azis)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada Kapolri dan pemerintah daerah agar mempermudah penerbitan izin konser dan olahraga guna menggenjot tingkat konsumsi masyarakat, yang sempat mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19 pada tahun 2022 lalu.

"Status PPKM (Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) sudah dicabut Di Akhir Tahun 2022 yang lalu,  setelah PPKM dicabut ini kita harapkan konsumsi masyarakat di tahun 2023 ini akan mengalami kenaikan," kata Jokowi dalam kegiatan Pembukaan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tahun 2023 di Hotel Novotel Balikpapan, Kamis (23/2/2023).

Kepala Negara mengatakan cara ini tentunya akan menimbulkan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik, kewajiban dari para gubernur adalah bagaimana menjaga konsumsi rumah tangga itu terjaga dan meningkat. 

Seperti diketahui, bahwa di tahun 2022 konsumsi masyarakat berada pada angka 4,93 persen. Diharapkan di tahun 2024 nanti bisa mencapaiangka di 5,4 persen.

"Jika hal ini terjadi, otomatis pertumbuhan ekonomi juga ikut naik, oleh sebab itu hal-hal yang berkaitan dengan spending atau belanja masyarakat itu jangan ada yang menahan-nahan," ujar Presiden.

Untuk itu, Jokowi menyampaikan kepada Kapolri, Gubernur maupun Sekda agar izin-izin event jangan ada yang dihambat. Karena hal ini menyangkut belanja masyarakat.

"Saya konsultasi dengan beberapa EO (Event Organizer) kecepatan kita untuk memberikan izin itu kurang, karena dua hari baru keluar. Saya juga sudah perintahkan kepada Kapolri agar izin itu sebulan sebelumnya sudah harus keluar," tegas Jokowi. 

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Isran Noor mengapresiasi kegiatan ini, dan berharap bisa bermanfaat dalam kepentingan penyelenggaraan pemerintahan pemerintah provinsi dan seluruh Indonesia.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi kepentingan penyelenggaraan pemerintahan pemerintah provinsi dan seluruh Indonesia," ujar Isran Noor. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut