get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Perkuat Literasi Digital Santri di Balikpapan Lewat Santri Digitalpreneur

Usai Lebaran, Pedagang Pasar Pandan Sari Balikpapan Segera Ditertibkan

Selasa, 07 Maret 2023 | 12:55 WIB
header img
Pemerintah Kota Balikpapan berencana akan menertibkan keberadaan ratusan pedagang di Pasar Pandan Sari, Balikpapan Barat. (Foto: Dok iNewsTV)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id - Pemerintah Kota Balikpapan berencana akan menertibkan keberadaan ratusan pedagang di Pasar Pandan Sari, Balikpapan Barat. Kepala Dinas Perdagangan Kota Balikpapan Haemusri mengatakan pada tahapan pertama, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada pedagang, stakeholder dan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait.

"Untuk rencana aksinya, kita akan melaksanakan di periode Juli sampai dengan Desember, itu konsep yang kita lakukan," kata Haesmuri. 

Berdasarkan data, jumlah pedagang di Pasar Pandan Sari tercatat mencapai 600 pedagang lebih, sedangkan untuk jumlah petak sebanyak 1600 petak. 

"Jadi kalau dilihat dari lantai 1, 2 dan 3 sebenarnya sudah cukup, Yang menjadi persoalan sekarang adalah orang yang berjualan di dalam pagar dan di luar pagar, itu yang harus ditata," ujarnya. 

Ia menjelaskan bahwa kegiatan penertiban akan dilakukan konsep penataan kembali kondisi pasar selesai dilakukan.

Dengan kondisi Pasar Pandansari saat ini khusus lantai 3 dan lantai 2, pihaknya harus melakukan pembersihan. Serta melakukan perbaikan sarana dan prasarana utilitas yang ada di lokasi tersebut pasca terjadi kebakaran.

Setelah itu untuk eksekusinya, pihaknya akan mencoba melakukan verifikasi terhadap pedagang yang terverifikasi agar bisa kembali petaknya masing-masing di dalam pasar. Dimana akan diakomodir sesuai zona, apakah itu pasar basah atau pasar kering.

"Saya bersama teman-teman dari Satpol PP sedang mendesain, dengan teknis penertiban dan teknis penataannya. Untuk penertiban setelah konsepnya selesai, jadi akan ada program bersama dari Dinas Perdagangan, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dinas pekerjaan umum untuk memetakan persoalan tersebut," terangnya.

Untuk jangka pendek, ia menambahkan pihaknya akan  memetakan terlebih dahulu persoalan ini, melakukan pembersihan kemudian menata ulang pasar. Sedangkan untuk jangka panjang, pihaknya akan membuatkan aksesibilitas, baik itu parkir ada di lantai 2 dan di lantai 3.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut