get app
inews
Aa Read Next : Ditetapkan Presiden Terpilih, Begini Pidato Perdana Prabowo Subianto

Peduli UMKM, SDG Kaltim Akselerasi Sertifikasi Halal Lewat Pelatihan di Kota Samarinda

Sabtu, 01 April 2023 | 14:08 WIB
header img
Peduli UMKM, Santri Dukung Ganjar Kaltim akselerasi Sertifikasi Halal lewat pelatihan di Kota Samarinda. (Foto: istimewa)

SAMARINDA, iNewsBalikpapan.idSantri Dukung Ganjar (SDG) Kalimantan Timur mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kota Samarinda agar terus tumbuh dan berkembang melalui pelatihan sertifikasi produk halal, Jumat (31/3/2023).

Kegiatan yang dihelat di T-CO Coffee, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Sungai Kunjang, Kota Samarinda ini mengusung tagline UMKM Bangkit, Negara Kuat untuk memberi pemahaman akan pentingnya sertifikasi halal pada sebuah produk.

Tak hanya para pelaku UMKM, sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo menanamkan ilmu-ilmu kewirausahaan kepada santriwati dari pondok pesantren agar mereka dapat mandiri dan berdaya.

“Pelatihan sertifikasi halal ini karena untuk meningkatkan UMKM lokal karena kami tahu bahwa banyak sekali UMKM yang mana masih tanda kutip masyarakat bertanya-tanya apakah ini produknya halal atau enggak,” ucap Koordinator Wilayah SDG Kaltim, Abdul Rahim. 

Rahim mengatakan ada beberapa benefit yang didapat bila produk UMKM telah mengantongi sertifikat halal, seperti menjamin kualitas produk sehingga dapat bersaing, memiliki unique selling point, serta meningkatkan kepercayaan konsumen.

Dia menyebut dengan memiliki sertifikat halal pelaku UMKM ini juga berpotensi memperluas jaringan produknya di pasar-pasar halal tingkat global.

Di sisi lain, pelatihan sertifikasi halal ini sebagai wujud membantu pemerintah dalam akselerasi wajib bersertifikat halal pada 2024 mendatang sesuai Undang-Undang Nomor 33 tahun 2014.

“Ya tentu kegiatan ini didasarin karena kita kan baru saja melewati badai pandemi Covid-19, jadi perekonomian sempat lumpuh dan daripada relawan Santri Dukung Ganjar ini meningkatkan gairah perekonomian melewati UMKM,” jelas Rahim.

“Jadi, dengan headline UMKM bangkit negara kuat, jadi pokok daripada negara kita kuat secara ekonomi itu ada di UMKM,” imbuh Rahim.

SDG Kaltim juga bekerja sama dengan Asosiasi Karya Muda Mahakam (AKMD) menyerahkan bantuan modal usaha kepada UMKM, sebagai stimulus meningkatkan kapasitas daya saing, mendorong usaha agar lebih produktif, sehingga terciptanya pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Yanti salah satu pelaku UMKM Kuliner mengaku senang dapat mengikuti kegiatan pelatihan sertifikasi halal ini.

“Sangat bermanfaat ya apalagi kaya kami ini UMKM supaya kami dapat tahu cara mendapatkan sertifikasi halal. Dampaknya itu ke usaha kami ya dapat memperkenalkan usaha kami ke masyarakat luas ekonominya supaya dapat meningkat,” ungkap Yanti.

Usai pelatihan, SDG Kaltim bersama para pelaku UMKM dan santriwati menggelar tausiah Ramadan hingga doa bersama untuk kesejahteraan masyarakat serta kedamaian Indonesia di masa mendatang. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut