get app
inews
Aa Read Next : Peneliti Imparsial: Usut Tuntas Dugaan Korupsi Pengadaan Jet Mirage 2000-5

Usut Harta Kekayaan AKBP Achiruddin, KPK Bentuk Tim Klarifikasi

Sabtu, 29 April 2023 | 11:08 WIB
header img
AKBP Achiruddin disorot karena diduga menerima aliran uang miliaran rupiah yang mencurigakan. (Foto: Tangkapan Layar)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id - Mantan Kabag Bin Ops Ditnarkoba Polda Sumut, AKBP Achiruddin Hasibuan menjadi perhatian setelah membiarkan putranya, Aditya Hasibuan menganiaya Ken Admiral di pelataran rumahnya. Perwira menengah Polda Sumut itu pun disorot karena diduga menerima aliran uang miliaran rupiah yang mencurigakan di rekening pribadi beserta putranya.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah membentuk tim untuk mengklarifikasi laporan harta kekayaan AKBP Achiruddin. 
"Iya, sudah bikin tim dan surat tugas untuk klarifikasi," ujar Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan, Sabtu (29/4/2023).  Pahala juga menjelaskan tim dari Direktorat Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) sedang mengumpulkan data beserta informasi kekayaan yang dimiliki Achiruddin tersebut. Selepas terkumpulnya data, Pahala mengatakan timnya akan memanggil Achiruddin untuk dilakukan klarifikasi. 

Diketahui sebelumnya, rekening milik AKBP Achiruddin beserta putranya telah dibekukan oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). PPATK menilai adanya dugaan transaksi bernilai miliaran rupiah yang mencurigakan. "Ada indikasi transaksi keuangan yang mencurigakan," kata Koordinator Kelompok Substansi Humas PPATK, M Natsir Kongah saat dikonfirmasi.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut