get app
inews
Aa Read Next : Program PLN UIP KLT, Bantu Tekan Angka Stunting di Kaltim dan Kalsel

Mahasiswa Kaltim Harus Berperan Mendukung Pembangunan IKN Nusantara

Senin, 22 Mei 2023 | 21:24 WIB
header img
Pemindahan ibu kota negara ke wilayah Kalimantan Timur memberikan kesempatan kepada pemuda lokal khusus mahasiswa untuk berperan dalam proses pembangunan. (Foto: ist)

Lanjut dia, Pemerintah juga harus melibatkan petani lokal dalam mendukung ketahanan pangan di IKN Nusantara, jangan sampai cenderung mengambil dari luar IKN Nusantara. 

"Diharapkan, semua bagaimana pembangunan infrastruktur lebih relevan dengan keadaan yang ada di kalimantan timur dan sebaiknya  juga menyiapkan infrastruktur dalam ketahanan pangan yang ada di IKN Nusantara," kata dia. 

Dalam sesi tanya jawab, peserta yang hadir mempertanyakan  dampak ekologi atau ekonomi yang menjadi dominan di IKN Nusantara, pertanyaan tersebut langsung disikapi oleh Arif Hidayat bahwa IKN hari ini dibangun dengan konsep green city yang dimana 75% IKN adalah lahan hijau untuk bagaimana mampu menjaga kelestarian hutan yang ada di IKN Nusantara yang nanti mampu mendukung perekonomian di IKN Nusantara. 

 Menurut Arif Hidayat, bahwa pemerintah sudah menyiapkan banyak peluang untuk berperan dalam pembangunan IKN Nusantara dan banyak menyediakan pelatihan untuk bagaimana mampu meningkatkan soft maupun hardskill dari warga lokal.

"Pemerintah juga harus memperhatikan masyarakat yang ada di IKN Nusantara, karena masyarakat adat pasti berperan banyak dalam mendukung pembangunan IKN Nusantara," tutupnya. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut