get app
inews
Aa Read Next : Dibantai Indonesia, Pelatih Vietnam Philippe Troussier Resmi Dipecat

Ribut Lawan Timnas Indonesia di Final SEA Games 2023, Thailand Hukum 5 Pemain dan Ofisial

Selasa, 23 Mei 2023 | 14:56 WIB
header img
Federasi Sepakbola Thailand (FAT) bakal memberikan hukuman kelima pemain dan ofisial Timnas Thailand U-22 yang dinyatakan bersalah atas keributan yang terjadi di final SEA Games 2023. (Foto: Reuters)

BANGKOK, iNewsBalikpapan.id Federasi Sepakbola Thailand (FAT) mengumumkan bakal memberikan hukuman kepada para pemain dan ofisial Tim Nasional Thailand U-22 yang dinyatakan bersalah atas keributan yang terjadi di final SEA Games 2023. Setidaknya ada dua pemain dan tiga ofisial yang menerima hukuman tersebut.

“Asosiasi Sepak Bola Thailand di bawah perlindungan kerajaan mengonfirmasi memberikan penalti kepada ofisial tim dari tim nasional Thailand dan atlet menurut Komite Investigasi Etika dalam kasus masalah dalam kompetisi tim sepak bola nasional Thailand, dalam pertandingan sepakbola putra SEA Games ke-32 2023, pertandingan final antara Timnas Thailand dan Timnas Indonesia pada 16 Mei 2023 di Phnom Penh, Kamboja,” bunyi pernyataan FAT dikutip dari akun instagram, @changsuek, Selasa (23/5/2023).

Akhirnya Federasi Sepakbola Thailand memberikan hukuman kepada orang-orang dari pihak mereka yang membuat keributan di final SEA Games 2023 antara Timnas Indonesia U-22 vs Thailand. Pasalnya keributan itu sampai terjadi pukul-pukulan, terutama pukulan terlihat datang dari pihak staf kepelatihan Thailand.

Keributan itu pun bermula dari selebrasi prematur Timnas Indonesia U-22 yang mengira laga sudah berakhir. Lalu ketika laga dilanjut kembali, Timnas Thailand U-22 dapat menyamakan kedudukan menjadi 2-2 hingga laga pun lanjut ke babak tambahan.

Dalam proses menyamakan kedudukan itu, Timnas Thailand melakukan selebrasi di depan bench Timnas Indonesia U-22. Ketegangan sempat terjadi, namun pada saat itu masih sekadar dorong-dorongan.

Puncaknya pun terjadi saat Irfan Jauhari mencetak gol cepat di awal babak tambahan hingga membuat Timnas Indonesia U-22 unggul kembali menjadi 3-2. Thailand yang tak terima dengan selebrasi Timnas Indonesia U-22 pun membuat adanya gesekan hingga berubah menjadi ajang adu jotos.

Manajer Timnas Indonesia U-22, Kombes Pol Sumardji, sampai terluka bibirnya karena pukulan dari pihak Thailand. Setelah diusut siapa saja yang melakukan kekerasan, maka FAT pun memastikan ada lima orang dari pihak mereka yang layak dihukum.

Lalu hasil dari laga tersebut, Thailand tumbang 2-5 dari Timnas Indonesia U-22. Timnas Indonesia U-22 pun meraih medali emas pertama setelah menanti selama 32 tahun lamanya.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut