get app
inews
Aa Read Next : Ngeri! Suami Bunuh Istri dan 2 Anaknya lalu Gantung Diri, Depresi Terlilit Utang

PLN Tarakan Sukses Membukukan Laba Terbaik Tahun 2022

Rabu, 14 Juni 2023 | 16:19 WIB
header img
Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Laporan Pertanggungjawaban Tahun buku 2023 yang digelar Selasa (13/6/2023) di Aula Auditorium PLN Pusat. (Foto: ist)

TARAKAN, iNewsBalikpapan.id - PLN Pusat mengapresiasi upaya yang dilakukan PLN Tarakan selama tahun 2022 dalam pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Laporan Pertanggungjawaban Tahun buku 2023 yang digelar Selasa (13/6/2023) di Aula Auditorium PLN Pusat.

“Kami sangat mengapresiasi pencapaian pertumbuhan PLN Tarakan selama 6 tahun yang terus meningkat," kata Direktur Perencanaan Korporat dan Pengembangan Bisnis PT PLN (Persero) Hartanto Wibowo.

Hartanto juga mewakili pemegang saham pada RUPS LPT tahun buku 2022 menjelaskan, selama 6 tahun berturut-turut sejak PLN Tarakan bertransformasi dengan proses bisnis yang baru menunjukkan pendapatan usaha yang terus bertambah dan laba yang dihasilkan juga terus meningkat.

Direktur Utama PLN Tarakan I Ketut Wiriana menjelaskan pada RUPS tahun ini PLNT melaporkan Kinerja Keuangan Tahun Buku 2022 dimana capaian ini lebih baik dari tahun- tahun sebelumnya, meskipun banyak tantangan dalam operasional.

PLN Tarakan mencatatkan laba dari Rp72,6 miliar menjadi Rp81,4 miliar meningkat sebesar 112,09% pada tahun 2022.

Kinerja keuangan ini didapat dari bertambahnya kontrak kerja sebanyak 165 kontrak di tahun 2021 menjadi 210 kontrak di tahun 2022. Hal ini berdampak pada meningkatnya pendapatan usaha dari Rp1,51 triliun di tahun 2021 menjadi Rp1,79 triliun di tahun 2022.

“Capaian ini diperoleh dari dukungan kuat Dirut PLN dan jajaran Direksi PLN yang memberikan kepercayaan kepada kami untuk menjalankan usaha pengelolaan operasi dan maintenance pembangkit, transmisi dan distribusi serta pelayanan pelanggan di wilayah Indonesia Tengah dan Timur sehingga mendorong pencapaian kinerja keuangan yang optimal, ” ujar Wiriana. 

Dia menambahkan, hal ini tidak lepas dari usaha keras yang dilakukan oleh seluruh insan pegawai di PLN Tarakan dengan program transformasi sehingga berhasil mengakselerasi pertumbuhan berkelanjutan baik pada aspek finansial maupun aspek pelanggan dan hasil.

“Tentu kami akan tetap melanjutkan program transformasi yang sudah dicanangkan untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan kami," lanjut Wiriana. 

Sebagai salah satu anak perusahaan PLN yang memfokuskan diri dalam bisnis operation dan maintenance pada fungsi pembangkitan, transmisi, distribusi dan pelayanan pelanggan serta pengelolaan building management dengan lingkup wilayah kerja meliputi Indonesia Tengah dan Indonesia Timur maka PLN Tarakan diharapkan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan pendapatan PT. PLN (Persero). 

"Dengan menerapkan empat aspirasi perusahaan PLN Tarakan meliputi efficient process, excellent performance, elegant atmosphere dan establishing high trust serta ditunjang dengan eksekusi program prioritas tentu ini dapat memberikan dampak positif bagi perusahaan dan pelanggan kamikami, " ujar dia.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut