get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Perkuat Literasi Digital Santri di Balikpapan Lewat Santri Digitalpreneur

Cegah Stunting, Pertamina Balikpapan Gelar Program Kampung Pangan Berseri

Jum'at, 16 Juni 2023 | 18:38 WIB
header img
Program Kampung Pangan Berseri digelar di Balai RT 49, Kelurahan Muara Rapak, Kota Balikpapan. (Foto: istimewa)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id - Mengurangi angka stunting di kota Balikpapan, PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan melalui Integrated Terminal Balikpapan menggelar program Kampung Pangan Berseri bagian dari kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Persoalan stunting menjadi perhatian serius pemerintah mengingat Indonesia akan mengalami puncak bonus demografi 2030-2035.

Program pencegahan stunting perlu ditingkatkan untuk menciptakan anak muda yang berkualitas dan bisa berkompetisi di masa depan. 

Kegiatan peningkatan kapasitas masyarakat pada Program Kampung Pangan Berseri ini digelat di Balai RT 49, Kelurahan Muara Rapak, Kota Balikpapan.

Hadir sebagai narasumber Kepala Dinas DP3AKB Kota Balikpapan, Dra Alwiati dan dr Bintang Warastuti dari Medical PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan

Peningkatan kapasitas masyarakat ini merupakan rangkaian kegiatan yang direncanakan dalam Program Kampung Pangan Berseri.

Catur selaku perwakilan Integrated Terminal Balikpapan mengungkapkan bahwa Program CSR ini diharapkan mampu untuk membantu masyarakat terutama untuk mengurangi angka stunting di wilayah Kelurahan Muara Rapak dan Kelurahan Mekarsari.

“Pertamina selalu berusaha untuk membantu masyarakat, dan diharapkan masyarakat dapat membantu untuk tetap melaksanakan kegiatan posyandu, pemberian PMT, dan pemantauan pertumbuhan dari anak yang terindikasi stunting," ujarnya.

Sementara itu, Lurah Kelurahan Muara Rapak, Bima menyampaikan terima kasih kepada Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Balikpapan karena telah memberikan pelatihan kepada ibu-ibu kader posyandu agar memiliki ilmu untuk menangngani anak-anak yang terindikasi mengalami stunting dan dapat menerapkannya.

"Alhamdulillah, terima kasih kepada PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Balikpapan telah mensupport para kader posyandu guna membantu mengurangi permasalahan stunting di Kota Balikpapan. Semoga kedepannya hal ini bisa bermanfaat," jelasnya.

Kepala DP3AKB Kota Balikpapan juga antusias untuk menyampaikan materinya terkait dengan cara-cara untuk mengurangi stunting dan berharap kedepannya akan membantu untuk mencapai tujuan bersama terkait pengentasan stunting.

“Semoga dengan kegiatan ini, dapat memberikan dampak yang positif sehingga mampu mengurangi angka stunting," tutur Alwiati.

Pertamina turut berkontribusi dalam mendukung pencapaian tujuan Program pencegahan stunting karena selaras dengan program pemerintah yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional / Daerah (RPJMN/ RPJMD) tahun 2019-2024.

Program ini juga mendukung capaian pembangunan berkelanjutan Sustainable Development Goals (SDGs).

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut