get app
inews
Aa Read Next : Bocah 12 Tahun Dimakan Buaya saat Berenang di Sungai

Buaya Kerap Muncul, Disbudpar Berau Wacanakan Danau Labuan Cermin Wisata Konservasi

Selasa, 27 Juni 2023 | 09:13 WIB
header img
Dampak dari kemunculan buaya di sekitar Bidukbiduk membuat objek wisata Bidukbiduk Labuan Cermin ditutup sementara waktu.(Foto: Syaifuddin Zuhrie)

BERAU, iNewsBalikpapan.id - Keberadaan buaya di sekitar objek wisata Bidukbiduk ditanggapi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, Ilyas Natsir.

Dampak dari kemunculan buaya di sekitar Bidukbiduk membuat objek wisata di sana ditutup sementara waktu.

"Dari pengelola di sana, wisata Labuan Cermin ditutup sementara. Bukan Disbudpar yang menutup," ujarnya, Senin (26/6/2023).

Diterangkannya, ada beberapa opsi yang bisa dilakukan agar wisata tersebut dibuka lagi. Seperti mengevakuasi buaya dengan menyisir di lokasi wisata dan memindahkannya.

Untuk cara itu, maka harus melibatkan BKSDA Kaltim dalam melakukan prosesnya. Lalu Pemkab Berau kata Ilyas, tentu mendukung hal itu.

"Kami inginnya buaya dievakuasi semua, dan dipindahkan. Tetapi tidak sesederhana itu prosesnya," ujarnya.

Adapun mengenai anggaran terkait rencana evakuasi buaya tersebut, untuk saat ini kata dia memang belum ada. Namun, itu dapat diusulkan.

"Tapi ini harus semua pihak bergerak. Mulai dari pemerintah kampung, pengelola wisata, pemerintah daerah, dan BKSDA," katanya.

Adapun skema lainnya, yakni wisata kondervasi. Dimana konsep wisata ini pengunjung boleh datang tapi tidak untuk berenang. Hanya sebatas menikmati panorama diatas kapal dengan alasan menjaga keamanan dan keselamatan pengunjung.

Namun, hal itu tentu akan sangat berdampak pada kunjungan di Labuan Cermin. Apalagi, setiap momen libur panjang objek wisata tersebut kerap ramai didatangi. Baik itu warga Berau maupun dari luar daerah.

"Polanya seperti itu. Jadi pengunjung tetap dapat menikmati keindahan labuan cermin. Tapi ini masih pola yang direncanakan, jika buaya di sekitar objek wisata itu masih terus muncul," terangnya.

Sebelumnya, buaya pernah muncul di dalam objek wisata labuan cermin, sehingg membuat objek wisata tersebut ditutup bagi pengunjung.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut