get app
inews
Aa Read Next : Kabar Duka, Doni Monardo Mantan Kepala BNPB Meninggal Dunia

Pendekar Silat Madura Meninggal saat Peragakan Jurus di Depan Murid

Sabtu, 01 Juli 2023 | 17:15 WIB
header img
Detik-detik pendekar silat Madura meninggal dunia. (Foto: Taufik Syahrawi).

BANGKALAN, iNewsBalikpapan.id - Tokoh sekaligus pendekar silat di Bangkalan, meninggal dunia saat memeragakan jurus tradisional di depan murid-muridnya. Detik-detik meninggalnya pendekar silat bernama Monaki ini sempat terekam video amatir dan membuat banyak orang berduka, terutama kalangan pencinta seni beladiri

Pendekar sepuh berusia 85 tahun itu tahun ini wafat di acara paguyuban pencak silat Bhinneka Tunggal Ika di Desa Naro'an, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan. Saat itu, almarhum tampil sebagai pembuka acara pada kegiatan rutin bulanan para pesilat. 

Pada video yang bereda, Monaki mengenakan kemeja warna hitam dan membawa selendang yang kemudian diikatkan pada pinggangnya. Tubuh sepuhnya terlihat kuat tak ada tanda-tanda mengkhawatirkan. 

Lalu diiringi musik tradisional madura, ia menyapa para pesilat dan warga yang hadir. Kemudian diikuti aksi memeragakan jurus pembuka, mulai dari kuda-kuda hingga gerakan pencak silat tradisional. 

Namun berselang satu menit kemudian, ia tidak bergerak sama sekali di atas tanah, usai memeragakan gerakan bersimpuh, berguling hingga tendangan kaki ke atas. 

Monaki seperti orang yang sangat tenang ketika menjemput ajal. Bahkan terlihat, guru besar perguruan silat elang puti dan harimau bafam ini seperti orang rebahan tertidur.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut