get app
inews
Aa Read Next : Paruh Pertama Ramadhan, Total 8 Juta Muslim Tunaikan Ibadah Umrah

Dua Jemaah Haji Asal Berau Meninggal Dunia di Tanah Suci

Minggu, 16 Juli 2023 | 16:49 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

TANJUNG REDEB, iNewsBalikpapan.id - Kabar duka datang dari jamaah haji asal Berau. Kabar itu diperoleh dari pesan berantai sejak pada Jumat (14/7/2023) siang sekira pukul 13.00 Wita, dua orang jemaah haji dinyatakan meninggal dunia di tanah suci Makkah, Arab Saudi. 

Salah satu jemaah yang meninggal dunia, merupakan istri dari salah satu pejabat di Dinas Kesehatan Berau bernama Jamilah Binti H Aji Rahmatsyah. Kemudian jemaah kedua merupakan jemaah yang berdomisili di Gunung Tabur, bernama H Ifansyah Bin Muhammad Yusuf. 

Kabar tersebut dibenarkan Kepala Kemenag Berau, Aji Mulyadi. Saat dikonfirmasi awak media, dia menyatakan kedua jemaah tersebut dimakamkan di Arab Saudi. 

"Benar. Kedua jemaah itu dimakamkan di tanah suci," kata Aji. 

Lebih lanjut, dia menjelaskan salah satu jemaah tersebut diakui telah mengidap penyakit saat berangkat ke tanah suci. Sementara satu jemaah lagi, dikatakan mengalami penurunan kondisi kesehatan saat sedang melaksanakan ibadah di Muzdalifah. 

"Memang salah satunya, telah mengidap penyakit. Tapi menyanggupi untuk berangkat," sebutnya. 

Dari informasi yang diterima, saat ini sedang dijalankan proses pemakaman di tanah suci Makkah. Sementara jemaah haji lainnya asal Berau, sedang melakukan persiapan kepulangan ke tanah air pada 17 Juli 2023 mendatang. 

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 151 jemaah bakal sampai di Bumi Batiwakkal, pada 18 Juli 2023 mendatang. Menggunakan pesawat dari Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan. Kemudian mendarat di Bandara Kalimarau. 

"Inshaallah jemaah akan bertolak dari tanah suci mulai 17 Juli nanti," ujarnya. 

Dirinya pun memohon doa keselamatan kepada jemaah yang bakal pulang ke tanah air. Serta mengirimkan doa kepada jemaah yang telah wafat di tanah suci. 

"Doakan yang terbaik. Kirimkan doa juga bagi jemaah yang meninggal dunia, dengan mengirimkan Alfatihah," ujarnya. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut