get app
inews
Aa Read Next : Kunjungi Kedaton Kutai Kartanegara, Ganjar Berkomitmen Dukung Pelestarian Kesultanan Nusantara

1 Rumah di Kutai Kartanegara Terseret Longsor

Jum'at, 11 Agustus 2023 | 21:12 WIB
header img
Satu unit rumah di tepi Jalan Gerbang Dayaku, Kutai Kartanegara, masuk ke Sungai Mahakam akibat terseret longsor. (FOTO: iNews/DZULFIKAR ASH)

KUTAI KARTANEGARA, inewsBalikpapan.id - Satu rumah di Jalan Gerbang Dayaku, Dusun Margasari, Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, terseret longsor. Rumah tersebut masuk ke Sungai Mahakam.

Khawatir longsor susulan terjadi, arus lalu lintas di Jalan Gerbang Dayaku sempat dialihkan. Video amatir yang merekam detik-detik peristiwa tanah longsor di permukiman tepi sungai RT 04 Dusun Margasari, Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Bencana ini merupakan yang kedua kali sejak terakhir terjadi pada 2019. Saat itu lima rumah longsor dan masuk ke Sungai Mahakam. Sedangkan longsor yang terjadi pada Kamis (10/8/2023) hanya berjarak sekitar 50 meter dari lokasi sebelumnya, mengakibatkan satu unit bangunan rumah tenggelam.

Beruntung, peristiwa ini tidak menimbulkan korban, baik luka maupun jiwa. Sebelum longsor terjadi, Kades Jembayan telah mengimbau warga mengungsi sementara. "Tidak ada korban luka dan jiwa, namun kerugian diperkirakan hampir ratusan juta rupiah," kata Kepala Desa (Kades) Jembayan Erwin.

Erwin berharap peristiwa itu menjadi perhatian pemerintah sebab bencana alam ini bukan pertama kali terjadi. Pemerintah Desa Jembayan berencana mengusulkan relokasi permukiman warga di bantara Sungai Mahakam. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut