get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Perkuat Literasi Digital Santri di Balikpapan Lewat Santri Digitalpreneur

Bandara Sepinggan Akan Menggelar Latihan Penanggulangan Darurat Skala Besar

Senin, 21 Agustus 2023 | 07:34 WIB
header img
Bandara Sepinggan akan menggelar Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) ke 111 pada 24 Agustus 2023 mendatang. (Foto: ist)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id -  PT Angkasa Pura I cabang Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan akan menggelar Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) ke 111 pada 24 Agustus 2023 mendatang. 

Kegiatan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) ini nantinya terbagi menjadi tiga latihan yaitu Aircraft Accident Exercise, Security Exercise dan Fire Building Exercise.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan, Ahmad Syaugi Shahab menyampaikan bahwa Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat di Bandara SAMS Sepinggan akan dilaksanakan dalam skala besar dan melibatkan banyak instansi terkait. 

"Saat latihan tersebut akan ada pemberitahuan kepada pengguna jasa, bahwa ada latihan berlangsung, kami menghimbau kepada masyarakat jangan khawatir dan panik dengan adanya latihan ini,” kata Syaugi. 

"Nantinya juga ada latihan penanggulangan demonstrasi dan teroris di mall area kedatangan serta latihan penanggulangan kebakaran di lantai 3 di barat loby keberangkatan, " tambah Syaugi.

Dia menerangkan tujuan Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat ini adalah melatih kesiapan Bandara SAMS Sepinggan sebagai bandara pendukung Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Kesiapan sebagai bandara pendukung IKN. Baik dalam koordinasi, komunikasi dan komando dengan berbagai instasi terkait untuk selalu siap dalam menghadapi kondisi darurat di Bandar Udara, baik secara sumber daya manusia maupun fasilitas.

Dalam Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat kali ini melibatkan sedikitnya 650 personil gabungan dari PT Angkasa Pura I, TNI Angkatan Udara Dhomber, Otoritas Bandara Wilayah VII, Basarnas Kota Balikpapan, Brimob Polda Kaltim, Polres Balikpapan, Polsek Kawasan Bandara, Koramil 0905/03 Balikpapan, Perum LPPNPI Cabang Balikpapan, dan Rumah sakit setempat.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut