get app
inews
Aa Read Next : 5 Pemain Timnas Indonesia Mendadak Demam Begini Penjelasan PSSI

Banyak Nama Nguyen di Timnas Vietnam, Ini Artinya

Selasa, 29 Agustus 2023 | 13:15 WIB
header img
Timnas Vietnam banyak menggunakan nama Nguyen, ini artinya (Foto: Zing News)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id Arti kata Nguyen membuat penasaran sebagian orang. Pasalnya kata ini menggema di laga Timnas Indonesia melawan Vietnam pada pertandingan final Piala AFF-U23 2023.

Ya, nama Nguyen banyak ditemui pada pemain timnas Vietnam di laga final Piala AFF U-23. Bayangkan saja jika Anda memanggil salah satu pemain dengan nama Nguyen, yang lainnya pasti akan ikut menoleh.

Sebelum membahas arti kata Nguyen, perlu diketahui bahwa orang-orang Vietnam mayoritas memiliki nama Nguyen. Padahal sejatinya mereka tidak mempunyai ikatan keluarga satu sama lain.

Hal ini sama dengan populernya nama Muhammad atau Ahmad di Indonesia, serta Kim di Korea, dan Smith di Australia. Dikutip Local-insider, Selasa (29/8/2023) nama Nguyen ternyata berkaitan erat dengan sejarah kekaisaran di Vietnam dahulu kala, yang dikuasai oleh Nguyen Lords.

Pada zaman tersebut banyak orang mengganti nama belakang mereka dengan Nguyen. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan. 

Pasalnya dengan menggunakan nama Nguyen, mereka bisa terhindar dari kewajiban bayar pajak, dan juga menghindari hukuman dari pengadilan ketika mereka berbuat kejahatan. 

Kebijakan dinasti Nguyen Lords pada saat itu memang memberikan hak-hak spesial dan kerap menyematkan orang yang bernama Nguyen. 

Arti Kata Nguyen

Secara harfiah, arti kata nguyen adalah awal atau awalnya.Karena artinya adalah awal atau awalnya, maka nama nguyen sering dipakai di sebagai nama awal.

Dalam pengucapannya, bahasa Vietnam Selatan cenderung memotong beberapa suaranya, jadi Nguyen akan diucapkan seperti “Win” atau “Wen.” 

Beda halnya dengan Vietnam Utara, mereka memberikan pengucapan lebih seperti N'Win atau Nuh'Win, semua dilakukan sebaik mungkin dalam satu suku kata.

Dinas Kependudukan Vietnam mencatat, saat ini ada sekitar 38 juta orang mempunyai nama Nguyen. Selain itu, sudah ada 13 sub nama dari Nguyen yang banyak digunakan oleh orang-orang Vietnam.

Umumnya nama Nguyen banyak digunakan untuk anak laki-laki di Vietnam. Oleh karena itu jika Anda mempunyai anak laki-laki, akan bagus jika diberi nama Nguyen. Karena selain sangat keren nama Nguyen juga mempunyai arti yang baik.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut