get app
inews
Aa Read Next : Dirut Pertamina Patra Niaga Tinjau Kesiapan Satgas RAFI di Kaltim Jelang Lebaran

Pertamina Gelar Simulasi Penanggulangan Kebakaran di Fuel Terminal Samarinda

Senin, 04 September 2023 | 08:49 WIB
header img
PT Pertamina Patra Niaga Region Kalimantan menggelar simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat di Fuel Terminal (FT) Samarinda, Kalimantan Timur, Minggu (3/9). (Foto: Dok Pertamina Patra Niaga)

SAMARINDA, iNewsBalikpapan.id - PT Pertamina Patra Niaga Region Kalimantan menggelar simulasi Penanggulangan  Keadaan Darurat di Fuel Terminal (FT) Samarinda, Kalimantan Timur, Minggu (3/9). Simulasi kejadian ini merupakan simulasi level 1 yang melibatkan Kepolisian, TNI, Tim Pemadam Kebakaran Kota Samarinda, Tim HSSE – Marine dan Warga Ring I.

Kejadian yang disimulasikan merupakan gabungan dari kebakaran di area Tangki Timbun T-10, tumpahan BBM di perairan dan Evakuasi Warga ketempat yang lebih aman.

Area Manager HSSE Regional Kalimantan, Agoeng Priyanto menerangkan bahwa simulasi penaggulangan keadaan darurat ini merupakan kegiatan yang wajib dan rutin diaksanakan oleh Pertamina dengan tujuan meningkatkan kewaspadaan setiap orang, teramsuk dalam situasi hari libur. 

 “Tentu kami tidak pernah menginginkan keadaan darurat yang sebenarnya terjadi. Namun perlu disadari bahwa karakter industri migas sangatlah high risk, sehingga simulasi ini menjadi kesempatan untuk mengasah dan mengevaluasi kembali kemampuan personel kami ketika terjadi insiden di hari Libur,” jelas Agoeng.

Dalam simulasi tersebut, Pertamina turut melibatkatkan pemangku kepentingan dan lembaga di sekitar wilayah operasi FT Samarinda, yang seringkali terlibat sebagai garis terdepan dalam penanggulangan keadaan darurat.

“Terima kasih untuk seluruh stakeholder pihak yang terlibat hari ini seperti Damkar Kota Samarinda, Polsek, Babinsa serta pihak-pihak lainnya. Semoga kita dapat terus berupaya mewujudkan komitmen zero fatality di Pertamina,” tambah Agoeng.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut