get app
inews
Aa Read Next : Ditetapkan Presiden Terpilih, Begini Pidato Perdana Prabowo Subianto

Ganjar Ingin Gaji Guru Naik Hingga Rp30 Juta, Pengamat: Susun Skema Rinci Kenaikannya

Jum'at, 08 September 2023 | 20:37 WIB
header img
Ganjar Pranowo, menginginkan guru di Indonesia idealnya digaji di kisaran Rp30 juta. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id - Bakal Calon Presiden RI dari PDIP, Ganjar Pranowo, mengungkapkan gaji guru di Indonesia terbilang sangat memprihatinkan. Ganjar menginginkan guru di Indonesia idealnya digaji di kisaran Rp30 juta per bulan sebab banyak pendidik yang penghasilannya masih di bawah Rp1 juta per bulan.

Terkait keinginan Ganjar tersebut, pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisaksi Trubus Rahardiansah meminta Ganjar menjelaskan secara mendetail wacana kenaikan gaji guru yang ia ungkap di media sosial tersebut. Menurutnya, akan ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum meningkatkan gaji guru. 

"Misalnya, apakah negara punya anggaran sebesar itu. Ini kan anggaran terbatas. Apalagi, guru itu ada di pusat dan daerah. Itu kan kaitannya dengan APBD daerah. APBD kan beda-beda tuh," kata Trubus saat dihubungi, Jumat (8/9/2023).

Keinginan Ganjar ini mengemuka usai dirinya menceritakan pengalamannya meningkatkan gaji guru saat menjadi gubernur di Jawa Tengah (Jateng), yakni dari Rp200-Rp300 ribu menjadi minimal UMK atau sekitar Rp1,2 juta dalam sebuah wawancara dengan Rhenald Khasali yang tayang di Youtube, belum lama ini. 

Adanya peningkatan gaji itu, guru-guru sekolah di Jateng tak perlu lagi mencari pekerjaan sampingan lagi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut