get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Perkuat Literasi Digital Santri di Balikpapan Lewat Santri Digitalpreneur

Polresta Balikpapan Tangkap Pengetap BBM Subsidi

Minggu, 08 Oktober 2023 | 17:00 WIB
header img
RM ditangkap Unit Tipiter Polresta Balikpapan  karena membeli BBM bersubsidi jenis pertalite secara curang untuk memperoleh keuntungan. (Foto: ist)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id - Pria berinisial RM ditangkap Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Polresta Balikpapan  karena membeli bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis pertalite secara curang untuk memperoleh keuntungan.

“Kami melihat sebuah mobil yang mencurigakan sesuai dengan informasi yang telah dihimpun. Kemudian kami membuntutinya usai mengisi BBM di SPBU dan melakukan penangkapan,” kata Kanit Tipiter Polresta Balikpapan Iptu Wirawan Trisnadi Wirawan. 

Selain menangkap pelaku, petugas juga menyita sejumlah barang bukti berupa satu unit mobil Toyota Kijang, 22 jeriken berkapasitas 21 liter, satu unit mesin pompa, dan selang sepanjang dua meter. 

“Semua jeriken yang diamankan berisi BBM subsidi jenis pertalite. Total yang diamankan sebanyak 500 liter,” jelas Wirawan.

Modus pelaku yakni menyimpan puluhan jeriken di dalam mobilnya. Menggunakan kendaraan tersebut, dia kemudian ikut mengantre di SPBU. 

“BBM yang dia dapatkan selanjutnya dipindahkan ke dalam jeriken yang telah disiapkan menggunakan pompa,” ungkap Wirawan. Dalam sehari, pelaku bisa mengantre dua hingga tiga kali di SPBU yang sama. BBM bersubsidi itu kemudian dijual lagi ke pengecer dengan harga Rp 11.500 per liter.

"Pelaku melakukan aksinya sejak Mei 2023 lalu. BBM dipindahkan dari jeriken yang ada di mobil menuju pom mini milik keluarganya," tutup Wirawan. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut