get app
inews
Aa Read Next : Dirut Pertamina Patra Niaga Tinjau Kesiapan Satgas RAFI di Kaltim Jelang Lebaran

Pertamina Pastikan Pertalite Tetap Tersedia di Kota Balikpapan, Begini Penjelasannya

Senin, 16 Oktober 2023 | 11:36 WIB
header img
PT Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan tetap menyalurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite ke setiap SPBU. (Foto: Dok Pertamina Patra Niaga)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.idPT Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan tetap menyalurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite ke setiap SPBU yang menyalurkan BBM jenis tersebut salah satunya di Kota Balikpapan.

Area Manager Communication, Relations dan CSR Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra mengatakan Sebagai bentuk penugasan dari Pemerintah Republik Indonesia sesuai Peraturan Presiden No. 191 tahun 2014,

“Untuk Kota Balikpapan misalnya, setiap hari kami menyalurkan rata-rata sebesar 350 Kiloliter (KL) BBM jenis Pertalite. Jumlah tersebut tetap sama semenjak 3 bulan terakhir terhitung dari Agustus hingga Oktober ini. Artinya penyaluran BBM jenis Pertalite tetap berjalan seperti biasa dalam 3 bulan terakhir. Bahkan untuk stok BBM itu sendiri di Integrated Terminal (IT) Balikpapan masih tersedia hingga akumulatif 9-14 hari kedepan,” terang Arya dalam keterangan pers nya pada Senin (16/10).

Menanggapi maraknya isu penghapusan Pertalite di lapangan, Arya menambahkan bahwa tidak ada rencana penghapusan dalam waktu dekat.

“Yang diungkapkan oleh Direktur Utama Pertamina beberapa waktu lalu adalah rencana penambahan bahan bakar nabati yaitu Ethanol ke produk Pertalite menjadi bahan bakar yang lebih baik tentu terkait penamaan dan harga masih dalam tahap kajian. Tidak ada perubahan dalam waktu dekat,” ungkapnya.

Sementara itu, banyaknya masyarakat yang mengeluhkan antrian BBM jenis Pertalite, Arya menyampaikan bahwa hal tersebut terjadi karena beberapa faktor.

“Faktor yang pertama adanya panic buying karena kekhawatiran terhadap isu penghapusan Pertalite, dalam hal ini sekali lagi kami menyampaikan tidak ada penghapusan BBM jenis Pertalite. Yang kedua, ada beberapa konsumen Pertamax yang beralih (shifting) ke Pertalite karena faktor kenaikan harga di bulan Oktober 2023. Faktor kedua ini yang kami harapkan kesadaran dari konsumen BBM dengan spesifikasi kendaraan minimal RON 92 untuk tetap menggunakan BBM jenis Pertamax sehingga kualitas kendaraan tetap terjaga,“ ujar Arya.

PT Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan senantiasa tetap memastikan distribusi BBM kepada masyarakat tetap terpenuhi. Hal ini sebagai bentuk komitmen dalam pendistribusian energi ke seluruh negeri. Jika masyarakat membutuhkan informasi terkait distribusi BBM dan lainnya dapat menghubungi kontak Pertamina 135 atau melalui aplikasi MyPertamina.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut