get app
inews
Aa Read Next : Jemaah Masjid di Balikpapan Meninggal usai Sholat Jumat

Arti Tantrum Kata yang Viral di TikTok

Jum'at, 10 November 2023 | 19:58 WIB
header img
Arti tantrum yang viral di TikTok. (Freepik)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id – Kata tantrum tengah viral di TikTok, istilah ini sering dipakai anak muda ketika mengomentari postingan orang lain. Tentunya banyak yang penasaran ingin tahu apa sebenarnya arti tantrum ini.

Sebenarnya arti tantrum yang digunakan anak muda dalam bahasa gaul hampir sama dari maknanya secara harfiah, namun dalam konteks yang lebih luas. 

Tantrum dalam istilah psikologi merupakan singkatan dari temper tantrum yang diartikan sebagai perilaku marah pada anak-anak, biasanya terjadi pada usia pra sekolah (1 – 4 tahun). 

Lantas, apa arti tantrum dalam bahasa gaul anak muda yang viral di TikTok?  Agar tidak salah menggunakan istilah tersebut, arti kata tantrum perlu dipahami terlebih dahulu melalui ulasan berikut ini yang dikutip dari berbagai sumber, Jumat (10/11/2023). 


Arti Tantrum 

Dalam konteks bahasa gaul, kata tantrum sering digunakan untuk menggambarkan perilaku dramatis atau berlebihan. Kata ini tidak hanya digunakan untuk menunjukkan perilaku anak-anak yang sulit dimengerti. 

Namun warganet kerap menggunakan kata tantrum untuk menunjukkan seseorang dalam konteks lebih luas. 

Penggunaan kata tantrum untuk menggambarkan perilaku seseorang yang terlalu berlebihan dalam menunjukkan ekspresi emosi seperti marah, menangis, kecewa, dan frustasi yang berlebihan. 

Kelelahan akibat pekerjaan, bingung dengan perasaan diri sendiri, atau merasa sensitif yang membuat emosi negatif mudah terpancing sehingga muncullah tantrum ini. 

Warganet akan meninggalkan komentar tantrum di media seseorang jika melihat sikap seseorang yang terlalu berlebihan.  Perlu diingat bahwa penggunaan kata tantrum dalam bahasa gaul umumnya memiliki konotasi negatif.

Terlalu berlebihan menunjukkan ekspresi di media sosial sering dianggap sebagai perilaku tidak matang dan tidak pantas.  Pasalnya tidak seharusnya orang dewasa berperilaku seperti anak-anak.

Untuk itu berperilakulah sewajarnya, khususnya ketika mengunggah video diri sendiri di media sosial. Warganet dapat menilai seseorang dengan perilaku berlebihan sebagai orang yang tidak dewasa.

  Penting bagi orang dewasa menjaga keseimbangan diri. Belajarlah untuk mengelola emosi dalam menghadapi masalah dengan baik. 

Bagi seseorang yang melihat rekan atau keluarganya memiliki sikap demikian tawarkan bantuan dan dukungan. Tawarkan solusi dan saran untuk mengatasi masalah yang mungkin menyebabkan emosi yang berlebihan. 

Demikian ulasan tentang arti tantrum yang jarang diketahui orang awam. Semoga bermanfaat!
 

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut