get app
inews
Aa Read Next : IJTI Tolak RUU Penyiaran, Bela Hak Publik Dapat Karya Jurnalistik Berkualitas

IJTI Minta Calon Presiden Komitmen Jaga Kemerdekaan Pers di Tanah Air

Selasa, 13 Februari 2024 | 20:45 WIB
header img
Ilustrasi Media. (Foto: Pixabay)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id - Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) meminta para Capres dan Cawapres terus menjaga dan merawat kemerdekaan pers di Indonesia. Menjaga dan merawat kemerdekaan pers berarti menjaga demokrasi tetap berjalan dengan baik.

IJTI menegaskan, kemerdekaan pers adalah hal yang mutlak mengingat pers merupakan pilar kelima dalam demokrasi.

"Oleh karena itu, IJTI meminta komitmen kepada ketiga Capres dan Cawapres untuk terus menjaga serta merawat kemerdekaan pers di Tanah Air," kata Ketua Umum IJTI Herik Kurniawan dalam keterangannya, Selasa (13/2/2024).

Pihaknya juga meminta agar presiden terpilih mendatang menghapus pasal-pasal dalam Undang-Undang yang berpotensi membungkam kemerdekaan pers.

"Upaya pembukaman melalui sejumlah pasal dalam UU ITE dan KHUP revisi merupakan ancaman bagi kemerdekaan pers di Tanah Air," ujar Herik.

Herik menjelaskan, perlindungan dan keselamatan jurnalis masih menjadi perhatian bersama. Sejumlah jurnalis masih mengalami kekerasan saat menjalankan tugas di lapangan, sementara penegakan hukum bagi kasus kekerasan jurnalis belum sepenuhnya berjalan dengan baik.

 

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut