get app
inews
Aa Read Next : Gegara Dituduh Mencuri, Bocah Diikat dan Dicambuk Warga di China

Profil Mbah Benu Imam Masjid Aolia Gunungkidul Telepon Tuhan Tentukan 1 Syawal

Sabtu, 06 April 2024 | 11:57 WIB
header img
Imam Masjid Aolia KH Raden Ibnu Hajar Sholeh Pranolo atau lebih akrab dipanggil Mbah Benu

Mbah Benu menggunakan pendekatan budaya untuk mendekati masyarakat Jawa yang masih sinkretis. Dia tokoh yang memiliki keilmuan integratif. Tidak hanya menguasai ilmu Alquran, hadis, fikih, tasawuf, tetapi juga ilmu kedokteran, pertanian, perikanan, lingkungan hidup, bela diri bahkan sampai kepada yang berhubungan dengan hal-hal spiritual.

Diketahui, jemaah Aolia di Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, DIY sudah Lebaran hari ini, Jumat (5/4/2024). Mereka juga sudah melaksanakan shalat Idul Fitri, Jumat pagi. Sebelumnya, Jemaah ini memulai puasa Ramadhan, Kamis 7 Maret 2024. 

Mereka telah menetapkan 1 Syawal jatuh pada Jumat, 5 April 2024. Penetapan itu berdasarkan keyakinan pimpinan Jemaah Aolia yakni Mbah Benu atau Raden Ibnu Hajar Sholeh serta hitungan kalender yang mereka yakini.

Sebagaimana diketahui, pemerintah belum memutuskan 1 Syawal 1445 H atau Lebaran 2024. Pemerintah melalui Kementerian Agama baru akan menggelar rukyatul hilal dan Sidang Isbat, Selasa, 9 April 2024. Sedangkan Muhammadiyah sudah menetapkan 1 Syawal 1445 pada Rabu 10 April 2024. Sementara Nahdlatul Ulama memprediksi 1 Syawal 1445 jatuh hari Rabu, 10 April 2024.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut