get app
inews
Aa Read Next : Kalahkan PSM, Madura United Jaga Asa Lolos Championship Series

Liga 1 2024-2025, Erick Thohir Beri Sinyal Tanpa Penonton Away

Minggu, 23 Juni 2024 | 19:54 WIB
header img
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id- Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengisyaratkan aturan larangan suporter tandang atau away masih berlaku untuk Liga 1 2024-2025. Erick menjelaskan, sepak bola Indonesia masih harus intsropeksi diri sebab masih banyak insiden kerusuhan suporter. 

PSSI sudah mengeluarkan regulasi tentang larangan suporter tandang untuk dua musim setelah Tragedi Kanjuruhan pada Oktober 2022 silam. Regulasi ini nampaknya masih akan digunakan untuk musim 2024-2025.

Sebab, Erick merujuk pada surat dari FIFA yang masih memantau transformasi sepak bola Indonesia setelah tragedi kelam tersebut. Pengecekan fasilitas serta kelayakan pengamanan dalam stadion masih ditinjau FIFA.

Erick meminta semua pihak yang terlibat dalam sepak bola Indonesia berkaca terlebih dulu. Dia mengisyaratkan regulasi larangan suporter tandang atau away masih akan diberlakukan di Liga 1 2024-2025.

“Kita juga gak boleh menutup mata, saya rasa beberapa pertandingan di Liga di tahun kemarin pun masih banyak isu-isu yang supporter terlukai. Bahkan ada pimpinan polisi terlukai. Belum kemarin ada masyarakat yang mobilnya plat apa, di dalamnya ada anak kecil, kacanya pecah. Ada perusakan untuk kereta api. Saya belum mendapat surat dari FIFA,” kata Erick kepada awak media di Menara Danareksa, Jakarta pada Kamis (20/6/2024) lalu.

“Artinya kalau FIFA tiba-tiba melihat ini dikaitkan lagi dengan kerusuhan-kerusuhan dulu bisa aja. FIFA mengambil posisi kita di stop lagi. Nah jadi kalau saya lebih baik kita introspeksi diri. Liga di tahun depan bukan season ini akan menerapkan semua sistem daripada ticketing ini sudah melakukan data yang tepat,” sambungnya.

“Jadi sudah tidak hanya jual beli tiket biasa. Kalau kemarin tim nasional bisa kita tahu supporter ini, supporter ini, kenapa di Liga tidak bisa,” tambah Menteri BUMN itu.

Oleh karena itu, Erick meminta para suporter bersabar terlebih dulu. Andai pembenahan sudah selesai, mantan presiden Inter Milan itu memastikan kehadiran suporter tandang akan diperbolehkan.

“Jadi kita tunggu saja seperti apa review dari FIFA, kondisi kepada supporter. Saya pasti mendukung supporter untuk bisa hadir. Tetapi kalau melihat dari kejadian-kejadian yang masih terjadi selama musim kemarin, saya rasa kita juga musim introspeksi diri kita belum baik-baik saja,” tukasnya.

 

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut