get app
inews
Aa Read Next : Timnas Spanyol ke Final Euro 2024, Menang Comeback Kontra Prancis

Tembus Final Euro 2024, Inggris Cetak Rekor Unik

Kamis, 11 Juli 2024 | 11:19 WIB
header img
Timnas Inggris mencetak rekor unik usai menembus final Euro 2024. (Foto: REUTERS)

DORTMUND, iNewsBalikpapan.idTimnas Inggris mencetak rekor unik usai menembus final Euro 2024. Tim berjuluk The Three Lions itu ke laga pamungkas setelah mengalahkan Belanda 2-1 di semifinal, Kamis (11/7/2024) dini hari WIB.

Inggris kecolongan gol cepat lebih dulu lewat Xavi Simons di menit ke-7. Kemudian tim asuhan Gareth Southgate itu menyamakan kedudukan di menit ke-18 lewat gol penalti Harry Kane.

Hingga akhirnya, The Three Lions berhasil mencetak gol telat sekaligus kemenangan lewat tendangan Ollie Watkins di menit ke-90.

Kemenangan comeback ini mencatatkan sejarah tersendiri bagi The Three Lions. Karena Inggris menjadi tim pertama yang berhasil lolos ke final dengan selalu mencatat kemenangan comeback sejak babak 16 besar Euro 2024.

“Inggris adalah tim pertama yang mencapai final turnamen Euro setelah tertinggal di masing-masing babak 16 besar, perempat final, dan semifinal,” tulis laporan UEFA di laman resminya, Kamis (11/7/2024).

Faktanya, Inggris memang rajanya comeback. Di babak 16 besar, tim polesan Gareth Southgate itu berhasil membalikan keadaan menjadi 2-1 atas Slovakia. Kemudian memaksa Swiss bermain hingga adu penalti setelah menyamakan kedudukan 1-1 di perempat final dan kini Belanda menjadi korban The Three Lions.

Tidak hanya itu saja. Southgate juga mengukir sejarah dengan menjadi pelatih ketiga yang sukses membawa suatu tim menembus final secara dua kali beruntun. 

“Bos Three Lions Southgate menjadi pelatih ketiga yang mencapai dua final Euro, setelah Helmut Schön dari Jerman (1972 dan 1976) dan Berti Vogts (1992 dan 1996),” tulis UEFA.

Di partai final, Inggris akan menghadapi lawan kuat yakni Spanyol. Duel puncak tersebut bakal digelar di Olympiastadion Berlin, Senin (15/7/2024) dini hari WIB.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut