get app
inews
Aa Read Next : Kabar Baik! IKN Dibuka untuk Umum Mulai Besok, Begini Tata Cara Berkunjungnya

Jokowi Berkantor di IKN Mulai 10 September, BMKG Siapkan Modifikasi Cuaca

Senin, 09 September 2024 | 08:58 WIB
header img
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menggelar modifikasi cuaca di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), hingga 12 September 2024 mendatang. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menggelar modifikasi cuaca di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), hingga 12 September 2024 mendatang.

Modifikasi cuaca di IKN sebagai upaya untuk meminimalkan risiko bencana sekaligus mendukung pelaksanaan pembangunan infrastruktur fisik IKN termasuk pembangunan Bandara VVIP dapat selesai tepat waktu.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan mulai berkantor di IKN pada sisa masa jabatanya. Kepala Negara akan berkantor di IKN mulai 10 September hingga 19 Oktober 2024. 

Plt Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengungkapkan bahwa rasio keberhasilan modifikasi cuaca yang dilakukan di IKN mencapai 93 persen sejak dimulai pada 4 Juli hingga 31 Agustus 2024.

Meskipun angka keberhasilan tersebut sangat tinggi, BMKG memperingatkan bahwa Kalimantan Timur, termasuk IKN, akan mengalami potensi pertumbuhan awan hujan yang signifikan dalam waktu dekat.

Menurut data terbaru dari BMKG, wilayah Kalimantan Timur akan mengalami peningkatan signifikan dalam awan hujan dengan kategori tinggi. “Pada periode 3-9 September, perlu diwaspadai adanya peningkatan pertumbuhan awan kategori tinggi, terutama di IKN dan hampir seluruh Kalimantan. Pertumbuhan awan yang semakin meluas ini memerlukan perhatian khusus,” kata Dwikorita dikutip dari laman resmi BMKG, Senin (9/9/2024).

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut